Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu mengakui bahwa perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan RI 17 Agustus 2019 lebih semarak banding tahun lalu.

Bupati mengatakan itu melalui Sekda Parulian Nasution di acara malam resepsi kenegaraan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI di Kecamatan Angkola Muara Tais wilayah setempat, Minggu (18/8) malam.

Alasan dia, karena tahun 2019 ini mulai tingkat desa/keluarahan/kecamatan hingga kabupaten di wilayah Tapanuli Selatan diinstruksikan menyambut hari Kemederkaan dengan meriah.

Angkola Muara Tais contohnya sesuai laporan Camat A.M Fadhil, sukses menggelar 24 bentuk lomba yang sebagian atas partisipatif (biaya sendiri) lembaga-lembaga yang ada di kecamatan ini.

Lomba yang sifatnya kesehatan,  keolahragaan, keagamaan, pendidikan, sosial kemasyarakatan dan lainnya yang tujuannya selain hiburan juga edukasi ke masyarakat.

Bahkan Parulian mengungkapkan Pemkab bangga dengan usianya yang baru satu tahun namun Angkola Muara Tais sudah mampu merefleksikan diri kecamatan lebih maju.

"Saya yakin Angkola Muara Tais akan dapat lebih maju dari 14 kecamatan lainnya di Tapanuli Selatan," kata Parulian. Kuncinya, memiliki SDM yang maju, kekompakan dan persatuan.

Dihadapan yang hadir seperti Forkopimcam, PKK, BKMT, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Organisasi Pemuda, Parulian mengatakan daerah yang maju ditentukan sumber daya manusia (SDM) nya yang maju.

"Oleh karena itu saya berharap seluruh pemangku kepentingan mulai desa/kelurahan/kecamatan di Angkola Muara Tais untuk dapat memacu dan bahu membahu mendorong pendidikan generasi mudanya," ajaknya.

Orang yang cepat akan mampu mengalahkan yang lambat apalagi Pemkab butuh percepatan dan kecepatan dalam mengejar visi misi mewujudkan masyarakatnya yang cerdas,sehat dan sejahtera.

"Kita tidak ingin ada anak sekolah Angkola Muara Tais yang buta huruf, buta bahasa Indonesia, buta matematika," kata Parulian yang hadir didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Mardiani Siregar memotivasi.

Disampaikan bahwasanya acara malam resepsi kenegaraan dirangkai bagi-bagi hadiah lomba tingkat kecamatan seperti ini serempak dilaksanakan, hanya saja Sekda memilih lokasi ke Angkolla MUara Tais sedang kecamatan lain para pimpinan  OPD lainnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019