Dalam rangka semarak HUT ke-74 Kemerdekaan RI 17 Agustus 2019 komunitas pencinta alam di wilayah Tabagsel mengibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Gon-gonan Pintu Padang 1 Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Kegiatan ini merupakan Jelajah Merah Putih atau pendakian bersama ke puncak Gon-gonan yang diselenggarakan KPA Forester Tabagsel (Tapanuli Bagian Selatan) yang mulai melakukan pendakian pada 16 Agustus 2019.

Ketua umum KPA Forester Ahmad Sahara Daulay kepada ANTARA, Minggu (18/8), mengatakan, kegiatan pendakian puncak Gon-gonan berjalan aman dan lancar diikuti sebanyak 77 orang kelompok pencinta alam di Tabagsel.

Semua peserta menikmati dan memaknai kegiatan yang mengusung tema "Lestari Alammku Merdeka Indonesiaku" dengan penuh semangat dan cinta.  

"Kiranya dari kegiatan ini lahir jiwa-jiwa kepedulian terhadap pelestarian alam serta dapat terjalin nya silaturrahmi antara sesama pencinta alam," harap Sahara sembari mengucapkan terimakasihnya kepada seluruh panitia terlibat dalam kegiatan.

Sementara ketua panitia Pingki Alamsyah mengatakan, selain memeriahkan Hari Kemerdekaan RI yang ke-74 juga membuka kesadaran semua pihak akan tanggungjawab kepada kawasan hutan yang masih tersisa untuk di lestarikan.

Ketua dewan pendiri KPA Forester Decky Chandrawan menceritakan untuk sampai menuju puncak Gon-gonan dari titik start Pintu Padang satu peserta mengahabiskan waktu delapan jam perjalanan.

"Sampai di puncak diketinggian 1.396 MDPL sambil melingkar dan sambil memegang bendera Merah Putih sepanjang 20 meter semua peserta melakukan upacara detik-detik Proklamasi Hari Kemederkaan RI dengan khidmat yang diiringi lagu Indonesia Raya," pungkasnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019