Hujan mengguyur tidak menyurutkan peserta upacara pada apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Simago-mago, Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selata,  Sabtu (17/8) dini hari.

Bertindak sebagai inspektur upacara dalam kegiatan menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 Danyon C Brimob, AKBP Bravo Asena Siahaan.

Turut hadir Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu dan Aswin Efendi Siregar, Dandim o212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto, Wakapolres Tapsel Kompol Jumanto, Ketua DPRD Sementara Husin Sogot Simatupang, Sekda Parulian Nasution, unsur TNI, Polri, pejabat lingkungan Pemkab Tapanuli Selatan dan Pramuka.

Apel kehormatan dan renungan suci ini di samping memeringati HUT ke-74 RI juga untuk mengenang akan jasa- jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang.

Di taman makam pahlawan Simago-mago, Sipirok sendiri ada 31 jasad pahlawan yang gugur terdiri dari jasad TNI 19 orang, jasad pegawai sipil lima orang dan jasad pejuang rakyat tujuh orang.

"Renungan suci ini tentunya mengingatkan kembali kepada kita atas gugurnya para pahlawan kita yang telah bersusah payah dalam memperjuangkan bangsa Indonesia ini dari tangan para penjajah, khususnya di Sipirok," katanya.

"Semoga arwah saudara-saudara para pejuang  kita diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa," ucapnya sembari dilakukan pemadaman lampu dan penyalahan obor oleh anak pramuka.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019