Manajemen Pembangkit LIstrik Tenaga Air (PLTA) Batang Toru akan menggelar berbagai lomba dalam rangka memperingati Hari Orangutan sedunia (19 Agutus) dan Hari Harimau (29 Juli).

Seperti lomba mewarnai tingkat TK, mengarang tingkat SMP, membuat poster tingkat SMA sederajat, sekaligus edukasi kepada pelajar tingkat SD.

Ketua pelaksana kegiatan Gunawan Alza, dalam keterangannya diterima ANTARA, di Sipirok, Kamis (15/8), mengatakan, lomba ini khusus kepada masyarakat pelajar di tiga wilayah Kecamatan Batang Toru, Marancar, dan Sipirok.

Menurutnya Tapanuli Selatan khususnya tiga kecamatan ini menjadi bagian penting ekosistem Batang Toru yang merupakan habitat satwa liar termasuk Orangutan dan Harimau.

"Karenanya lomba ini penting memberikan edukatif kepada masyarakat khususnya pelajar di tiga kecamatan sebagai upaya pelestarian Orangutan dan Harimau Sumatera," katanya.

Selain itu untuk menumbuhkembangkan rasa keingintahuan dan kecintaan generasi muda dalam mendukung konservasi satwa liar sekaligus  lingkungan (alam) sekitarnya agar tetap baik.

Output yang diharapkan PLTA Batng Toru diantaranya adanya komitmen para pemangku kepentingan dalam upaya perlindungan dan penyelamatan Orangutan dan Harimau Sumatera.

"Juga meningkatkan regulasi dan sanksi hukum yang mengatur upaya perlindungan satwa liar seperti Hamarimau Sumatera dan Orangutan," jelasnya.

Pendaftar lomba yang akan di gelar mulai 25 hingga 29 Agustus 2019 dan mengambil tempat diberbagai titik strategis di tiga kecamatan Marancar, Sipirok, dan Sipirok semuanya serba gratis bahkan pemenang akan diberi hadiah yang lumayan.

Dalam pelaksanaan lomba PLTA Batang Toru - PT.NSHE didukung organisasi lainnya yaitu BBKSDA LHK, Pemkab Tapanuli Selatan, Srimpi, LSLI, KPA Forester Tabagsel, JAMM, dan Lintas Cakrawala.

Bagi ingin menjadi peserta lomba boleh mendaftarkan diri secara online melalui link:https://forms.gle/XBDHi3kg3QW93Zzd8.

Atau mengunjungi sekretariat dengan alamat; Kantor seksi V Konservasi Sumberdaya Alam (KSDA) Sipirok Jalan Sumuran, Sipirok, Kecamatan Sipirok pada hari jam kerja Senin hingga Jumat, pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Waktu pendaftaran untuk tingkat TK bats waktunya 20 Agustus, tingkat SMP dan SMA sederajat hingga 19 Agustus. Untukm kegiatan edukasi tingkat sekolah dasar 27 Agustus mendatang.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019