Badan Pusat Statistik (BPS) dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan menggelar Fokus Group Discussion (FGD) di Tor Sibohi Nauli Hotel, Sipirok, daerah setempat.

Menurut Kepala Badan Pusat Statistik Tapanuli Selatan Fadjar Wahyu Tridjono kegiatan FGD ini untuk membahas data Tapanuli Selatan dalam angka tahun 2019 sekaligus sosialisasi pemetaan dan pemutakhiran wilayah kerja statistik sensus penduduk 2020 (SP2020).

Kegiatan ini bertujuan memeroleh informasi awal tentang wilayah administrasi desa, memetakan wilayah kerja SP2020 dan membagi blok sensus menurut jenisnya (biasa, khusus dan persiapan).

"Kiranya kegiatan ini ada berbagai masukan/informasi dan koordinasi sehingga nantinya dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan kegiatan perstatistikan di Kabupaten Tapsel," harapnya.

Sebelumnya Sekda Tapanuli Selatan Parulian Nasution mewakili Bupati dalam sambutan pembukaan mengatakan, mengapresiasi digelarnya kegiatan FGD yang dinilai sangat penting.

"Karenanya, seluruh peserta diharap dapat memberikan masukan pemikiran serta pendapat, karena menyangkut akurasi data Tapanuli Selatan ke depan," harapnya.

Kedepan BPS - Dinas Kominfo (wali data) Tapanuli Selatan akan bekerjasama dalam hal pengelolaan data statistik yang terintegrasi, hal i i sejalan Perpres nomor 39 tahun 2019  tentang satu data Indonesia.

Adapun peserta dalam kegiatan FGD ini sebanyak 80 orang berasal dari organisasi perangkat daerah Tapanuli Selatan, instansi vertikal BUMD/BUMN, BPS daerah setempat.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019