Kabupaten Mandailing Natal terima penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Penghargaan KLA kategori Pratama tahun 2019 ini diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise, kepada Plt. Sekda Madina, Drs Sahnan Batubara, MM mewakili Bupati Madina pada Malam puncak penghargaan KLA Tahun 2019 se-Indonesia yang digelar di Hotel Four Points, Jalan Andi Jemma No130, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/7) malam.

Untuk Provinsi Sumatera Utara sendiri terdapat 14 Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia itu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Mandailing Natal, Ir. Donna Dameria saat dihubungi ANTARA melalui selulernya, Rabu (24/7) menyampaikan, penghargaan itu merupakan bukti komitmen dan peran serta kepedulian Bupati Madina dan seluruh SKPD terhadap pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Mandailing Natal.

"Penghargaan ini juga merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat, bahwa Mandailing Natal merupakan kabupaten layak anak sesuai standar Nasional," katanya.

Baca juga: Meriahkan HUT RI, Ranger Sorik Marapi akan kibarkan merah putih di Sorik Marapi

Baca juga: Joint Health Council Sumut berkunjung Ke Madina

Dikatakannya, Kabupaten Layak Anak merupakan kabupaten/kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya
pemerintah, masyarakat dan dunia usaha secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan program dan kegiatan pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

Dengan diterimanya penghargaan KLA ini kedepan dirinya mengharapkan peran dan komitmen dari semua pihak termasuk LSM dan dunia usaha untuk lebih memperhatikan hak-hak anak di Mandailing Natal.

"Bila kita komitmen untuk memperhatikan hak-hak anak ini kedepan kategori yang kita peroleh saat ini bisa dinaikkan ke kategori yang lebih tinggi lagi. Terima kasih kepada semua pihak atas penghargaan yang kita raih," ujarnya.

Baca juga: Lagi, Wabup Madina lantik 40 pejabat eselon III dan IV

Pewarta: Holik

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019