Ketua Dewan Riset Daerah (DRD) Provinsi Sumatera Utara Prof Hamain Nasution meninjau lokasi Kebun Raya Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan, Jumat (5/7) sore.

Setiba di lokasi, Hanaim banyak mendapatkan penjelasan ringkas master plan Kebun Raya Sipirok dari Kepala Bappeda Tapanuli Selatan Abadi Siregar S.T, M.T.

Mulai dari luas lahannya yang lebih kurang 80 hektare hingga rencana pembangunan berbagai infrastruktur di areal Kebun Raya Sipirok tahun ini dan kedepannya.

Tahun anggaran 2019 Pemkab sudah akan memulai pembangunan seperti bukaan jalan baru lebih kurang 3000 meter di dalam area kebun raya.

Dari total 3000 meter, sepanjang 700 meter di bangun jalur ganda dengan lebar sekitar 20 meter (pakai pulau jalan), sisanya 2300 meter jalan primer dengan lebar badan jalan enam meter.

"Seluruh rencana bangunan jalan akan disesuaikan dengan kontur alamnya termasuk bangunan drainasenya," kata Abadi sembari menyebut terwujudnya kebun raya ini tidak lepas keseriusan Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu untuk kemajuan daerah.

Dalam rangka percepatan pembangunan kebun raya yang akan menjadi ikon Tapanuli Selatan ke depan pihak LIPI akan terus mendampingi Pemkab Tapanuli Selatan.

"Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan kontiniu mendampingi Pemkab Tapanuli Selatan mengembangkan Kebun Raya Sipirok yang masih banyak menyimpan berbagai tanaman langka ini," katanya.

Secara bertahap akan di bangun juga pintu gerbang, kantor pengelola, paranet (untuk pembibitan) serta fasilitas pendukung lainnya agar areal kebun raya lebih refresentatif dikunjungi pengunjung.

"Dalam area kebun raya nantinya akan ada zonasi-zonasi seperti tanaman obat-obatan, anggrek, buah-buahan, tanaman akuatik, kolam retensi, taman bunga, miniatur pakan orangutan dan lainnya," tambahnya.

Menurut Abadi lokasi Kebun Raya Sipirok yang rencananya akan lounching pada tahun 2020 sangat bermanfaat dapat mengedukasi masyarakat dengan melakukan penelitian-penelitian disamping sebagai wahana rekreasi.

Ketua DRD Provinsi Sumatera Utara Hamain Nasution sangat mengapresiasi rencana pembngunan Kebun Raya Sipirok yang berada persis Selatan pusat perkantoran Pemkab Tapanuli Selatan ini.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019