Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Labuhanbatu Selatan tengah memantabkan penyusunan anggaran pemilihan kepala daerah atau Pilkada secara serentak tahun 2020 kepada pemerintah daerah

“Sekarang kami sedang intens berkomunikasi dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk pengalokasian anggaran Pilkada. Dana yang diajukan kepada pemerintah daerah lebih dari Rp20 Miliar,” kata Ketua KPUD Labuhanbatu Selatan, Effendi Pasaribu di Kotapinang, Sabtu malam.

Ia menjelaskan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan menjadi salah satu  daerah yang ikut melaksanakan Pilkada serentak pada bulan September 2020 dan pihaknya juga sedang mempersiapkan rencana anggaran belanja tersebut.

Namun, anggaran itu belum disetujui, karena masih ada sejumlah hal yang harus dibahas, diperbaiki, dan disesuaikan.

Diantara permasalahan yang sedang dibahas yakni, mengenai alokasi anggaran untuk kegiatan Pilkada pada tahun 2019 yang harus dipisahkan dari anggaran kegiatan Pilkada pada tahun 2020. Sementara, pada APBD-Perubahan tidak dapat dianggarkan dana hibah.

“Ada masukan dari Pemkab agar anggaran itu dipisahkan dalam dua pengajuan, yakni melalui APBD-Perubahan 2019 dan APBD 2020. Karena pada 2019 ini sudah masuk tahapan Pilkada. Jadi sekarang permasalahan ini masih dibahas,” katanya.

Sementara terkait pelaksanaan Pilkada, Effendi Pasaribu menjelaskan, jika mengacu kepada UU No. 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota maka Pilkada serentak dilaksanakan pada September 2020.

Pihaknya pada bulan September sudah akan melakukan peluncuran yang dilanjutkan dengan tahapan pemutakhiran data pemilih.

Sedangkan KPU pada Juli nanti sudah menerbitkan peraturan tentang tahapan pelaksanaan Pilkada. Selanjutnya, KPUD kabupaten/kota tinggal mengikuti tahapan yang telah ditetapkan tersebut.

“Dua bulan ke depan tahapan pelaksanaan Pilkada sudah mulai bergulir. Mudah-mudahan mengenai anggaran ini dapat tunas secepatnya, sehingga kami hanya tinggal menyusun rencana dan hal-hal menyangkut teknis lainnya,” katanya.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019