Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita tertarik dengan tenun dan ulos Tapanuli Selatan yang pernah dikenakan Kahiyang puteri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat pesta perkawainannya dengan Bobby Nasution.

"Ini contoh tenun dan ulos asal Tapanuli Selatan yang di pakai Kahiyang ?, " kata Menteri Perdagangan RI yang didampingi isterinya disela kunjungannya di stand Tapanuli Selatan usai membuka Sibolga Expo dan Pekan Ulos dan Tenun dalam rangka Hari Jadi Kota Sibolga, di lapangan Simare-mare, Senin (25/3) tadi malam.

Sebagaimana Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu ungkapkan, di Sipirok, Selasa, yang mengatakan menteri begitu antusias dan mengapresiasi terhadap produk tenun dan ulos lokal Tapanuli Selatan (Sipirok).

"Menteri perdagangan dan isteri serta rombogan cukup tertarik berbagai varian motif ulos dan tenun Sipirok yang sudah digunakan Kahiyang, kata Syahrul.

Baca juga: Kejagung puji program Sibolga Command Center
Baca juga: Menteri Perdagangan buka Sibolga Expo 2019

Sebagai ungkapan rasa syukur atas kehadirannya Bupati Syahrul M.Pasaribu didampingi Kadis Perdagangan dan UKM Tapanuli Selatan Ahmad Radja Nasution berkesempatan 'mangulosi' menteri perdagangan malam itu.

"Menteri Enggartiasto Lukita mengucapkan terimakasih atas  sambutan hangat Pemkab (Bupati) Tapanuli Selatan, seraya berucap tenun dan ulos Sipirok bertambah eksis ke depan," katanya.

Diketahui, ulos dan tenun asal Sipirok sebuah produk hasil karya pengrajin lokal yang sudah sejak lama di kenal hingga manca negara.

"Bahkan sejumlah kepala negara seperti mantan Presiden RI Soesilo Bambang Yodhoyono dan Presiden RI Jokowi dan sejumlah pejabat penting negara lainnya sudah pernah mengenakannya," ungkap Syahrul.

Pemkab Tapanuli Selatan juga kata Syahrul mengucapkan terimakasih kepada Pemko Sibolga yang telah berkenan mengundang sehingga membuka stand pada Sibolga Expo dan Pekan Ulos dan Tenun (25-31 Maret) 2019 mendatang.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019