Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita membuka secara resmi Sibolga Expo 2019, Senin (25/3) malam sekitar pukul 21.00 WIB di Lapangan Simaremare Sibolga, Sumatera Utara.

Selain ditugaskan Presiden Jokowi ke Sibolga untuk memberikan bantuan kepada korban bom, Mendag juga didaulat Pemkot Sibolga untuk membuka secara resmi Sibolga Expo 2019, dalam rangka Hari Jadi Kota Sibolga ke 319 tahun.

Dalam sambutannya Menteri mengaku bangga atas digelarnya Sibolga Expo yang mampu menyerap produksi dari beberapa provinsi dan daerah untuk dipamerkan.

“Ide dari Wali Kota Sibolga ini cukup bagus untuk dapat merangkul daerah-daerah lain dalam memperkenalkan produksi lokal. Tidak sia-sia pak Syarfi ini tiga periode menjadi anggota DPR-RI, dimana ide-idenya sanggup meningkatkan daya saing produksi karya lokal melalui pagelaran seperti ini. Dan atas kedekatan kami sewaktu sama-sama di Senayan, banyak proposal pengembangan pembangunan Sibolga disampaikan kepada saya dan sulit untuk menolaknya,” ungkap Enggartiasto.

Dikatakan Mendag, Hari Jadi Kota Sibolga mengandung nilai ekonomi yang bertujuan terjadinya transaksi penjualan. Kegiatan seperti ini harus didukung dan terus dikembangkan.

“Kami dari Kementerian Perdagangan juga melakukan Expo seperti ini setiap tahunnya dan menggandeng Dekranasda di masing-masing daerah. Tujuannya adalah untuk mendukung produk-produk lokal untuk dapat dipekenalkan ke mancanegara. Sekali lagi saya atas nama Menteri Perdagangan mengucapkan selamat atas pelaksanaan Sibolga Expo 2019,” ujarnya.

Sementara itu istri Mendag Peggy Lukita didampingi Ketua TP PKK Kota Sibolga, Delmeria didaulat melepas balon berhadiah sebagai tanda dibukanya Sibolga Expo 2019.

Sebelumnya Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk dalam sambutannya menjelaskan, bahwa peserta dari Sibolga Expo ini terdiri dari beberapa provinsi dan Kabupaten/Kota di kawasan Sumatera Utara. Dan salahsatu Provinsi yang selalu ikut Provinsi Sumatera Barat, dan Kota Pariaman.

Sibolga Expo ini akan ditutup tanggal 2 April 2019 sekaligus puncak Hari Jadi Kota Sibolga ke 319. Serangkaian kegiatan digelar termasuk pesta hiburan rakyat dan juga kegiatan olahraga.
 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019