Medan (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kota Medan siap memberikan dukungan kepada Komisi Pemilihan Umum dalam upaya menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019 yang akan digelar 17 April mendatang.
   
Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, di Medan, Senin, mengatakan, pihaknya berharap seluruh proses tahapan pemilu di Kota Medan dapat berjalan dengan baik dan lancar dan untuk itu Pemkot Medan siap memberikan dukungan yang dibutuhkan.  

"Saya berharap KPU sebagai lembaga resmi penyelenggara pemilu dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan sebaik mungkin, sehingga seluruh proses tahapan pemilu hingga hari pencoblosan dapat berjalan secara maksimal," katanya saat menerima audiensi komisioner KPU Medan.

Ia mengatakan, sebagai bentuk dukungan demi kelancaran pelaksanaan pemilu, Pemkot Medan telah menginstruksikan semua jajaran di pemerintahan daerah setempat untuk turut menyosialisasikan tahapan pemiliu kepada masyarakat.

Dengan demikian, masyarakat dapat mengetahui sekaligus diharapkan mampu menarik antusias warga lainnya untuk menggunakan hak suara mereka pada saat hari pencoblosan tiba.

"Demi kelancaran dan kesuksesan jalannya pemilu, Pemkot Medan siap mendukung hal-hal tertentu yang diperlukan KPU Medan. Untuk itu, memang sudah sepatutnya KPU Medan menyampaikan sudah sejauh mana persiapan yang dilakukan hingga permasalahan yang mungkin dihadapi. Dengan koordinasi ini kita harapkan dapat bersama-sama mencari solusinya," katanya.

Ketua KPU Kota Medan Agusyah Damanik mengatakan, pihaknya terus melaksanakan tahapan demi tahapan untuk kesuksesan pelaksanaan pemilu.

"Ada beberapa hal yang kita sampaikan terkait tahapan pemilu seperti ketersediaan fasilitas penyimpanan logistik pemilu seperti kotak suara. Sebab, kita membutuhkan tempat yang lebih besar lagi, mengingat jumlah kotak suara pada pemilu kali ini bertambah lima kali lipat dari pemilu sebelumnya," katanya.

Kemudian mengenai perekrutan tenaga perlindungan masyarakat (linmas) yang akan menjaga tiap TPS, Agusyah mengatakan, sesuai aturan KPU hal tersebut merupakan kewenangan pemerintah kota untuk melakukan perekrutan. 

Dengan kriteria antara lain KPU meminta agar petugas linmas ditempatkan sesuai domisili tempat memilih.

"KPU Kota Medan mengucapkan terima kasih kepada wali kota karena telah menerima kedatangan kami. Semoga dukungan yang diberikan dapat lebih membuat jalannya pemilu di Kota Medan semakin berjalan lancar," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019