Medan (Antaranews Sumut) - Siswa yang masuk pemeringkatan dan eligibilitas dapat mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN Tahun 2019.

"Pendaftaran tersebut, mulai tanggal 4 Februari pukul 15.00 WIB sampai tanggal 14 Februari 2019," kata Kepala Humas Universitas Sumatera Utara (USU) Evi Sumanti, di Medan, Senin.

Sesuai yang disampaikan Prof Ravik Karsidi, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), pemeringkatan siswa dilakukan oleh LTMPT berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.Jurusan IPA, Mate Matika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosologi, Ekonomi, dan Geografi.

Jurusan Bahasa, Mate Matika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia,Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.SMK, Mate Matika Bahasa Indonesia, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).

Pemeringkatan dan eligibilitas siswa dilakukan untuk setiap sekolah per jurusan yang didaftarkan PDSS 2019.Pemeringkatan didasarkan pada isian data nilai oleh sekolah yang sudah diverifikasi oleh siswa, untuk mata pelajaran yang tercantum di laman www.snmptn.ac.id.

"Eligibilitas ditentukan dengan melihat ketentuan kuota berdasarkan akreditasi sekolah seperti yang tercantum di lawan www.snmptn.ac.id.," ujar Evi.

Ia menyebutkan, jumlah siswa yang eligibilitas untuk mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 613.860 orang.

Jumlah sekolah yang siswanya eligibilitas bisa mendafar di SNMPTN 2019 sebanyak 14.744 sekolah.

Proses pendaftaran SNMPTN, siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

Siswa mendafar mengsisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengggugah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).

Siswa pendaftar harus membaca dan memahami "seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan".

Siswa pendaftar pada progfram studi bidang seni dan olahraga wajib menggugah portofolio dan dikumen bukti ketrampilan yang telah disyahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.

"Siswa pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN," kata juru bicara USU itu.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019