Medan (Antaranews Sumut) - Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan tak henti terus berinovasi dan kali ini mengembangkan sabun gambir.

Sabun yang berbahan dasar dari tanaman gambir ini memiliki manfaat diantaranya, dapat menghilangkan jamur, gatal-gatal pada kulit. Juga dapat mengurangi cairan berlebih dan bau tidak sedap pada bagian tubuh wanita.

Inovasi ini dibuat oleh kelompok gambir yang diketuai oleh Wiranto dengan anggota kelompok Dimas, Sariani, Ifran dan Maimuna. Semuanya mahasiswa Polbangtan jurusan penyuluhan perkebunan presesi semester tiga.

Wiranto kepada Antara Sumut, Sabtu, menjelskan pada mata kuliah inovasi pertanian mahasiswa dituntut untuk menciptakan inovasi dibidang tanaman perkebunan.

"Tanaman gambir memiliki kandungan katein yang berfungsi sebagai anti oksidan dan anti bakteri yang baik untuk kulit," sebutnya.

Baca juga: Kemenristek Dikti narasumber pertemuan UPM Polbangtan Medan

Selaku ketua kelompok Wiranto menyampaikan bahwa tujuan dari inovasi ini untuk meningkatkan nilai ekonomis dari tanaman gambir tersebut.

"Saya (kelompok gambir) berharap hasil inovasi yang dibuat ini dapat ditindaklanjuti oleh pihak kampus sehingga dapat dikembang secara lebih lanjut," pungkasnya.
 
Sabun gambir hasil inovasi mahasiswa semester tiga Polbangtan Medan. (Antaranews Sumut/Kodir)

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019