Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu menerima penghargaan dari pemerintah yang diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise di Kantor Wakil Presiden Republik Indonesia, Rabu (19/12).

"Penghargaan yang diterima berupa Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2018," katanya di Sipirok, Kamis (20/12) malam.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dalam arahannya pada acara penyerahan penghargaan tersebut meminta agar pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota dalam menyusun programnya pada tahun-tahun mendatang seperti TA 2019 pengintegrasian program Pengarusutamaan Gender (PUG) agar dapat ditingkatkan.

"Adapun yang mendasari kabupaten/kota di Indonesia memeroleh APE adalah hasil evaluasi tim independen dari Jakarta dan Kementerian PP & PA, dan Pemkab Tapanuli Selatan dinilai berhasil dalam pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) tahun 2018," jelasnya.

Atas nama Pemkab Tapanuli Selatan, Syahrul M.Pasaribu mengucapkan terimakasih kepada semua elemen masyarakat yang telah mendukung sehingga perghargaan APE kategori madya atau yang kedua kalinya bisa didapatkan.

"Terlebih kepada Dinas PP dan PA Tapanuli Selatan yang menjadi leading sektor dan seluruh OPD yang berkaitan saya juga mengucapkan terimakasih, karena prestasi ini tidak lepas dari andil dan kerja keras mereka," ucapnya.

Menurut Syahrul penghargaan tersebut hanya diberikan bagi daerah yang di nilai mampu serta berkomitmen dalam pelaksanaan PUG di daerahnya masing-masing.

"Meski demikian jangan cepat berpuas diri terhadap apa yang diraih, namun penghargaan ini harus dijadikan menambah motivasi dan lebih merangsang inovasi seluruh pemangku kepentingan dalam menjawab tantangan kesenjangan gender kedepan,"pungkasnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018