Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Sebanyak 48 unit kunci rumah layak huni (RLH) yang merupakan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Tapanuli Selatan diserahterimakan.

Penyerahannya berlangsung di Aula Kantor Camat Kecamatan Batang Angkola, Sabtu (15/12) sore dari Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu kepada 48 kepala keluarga penerima manfaat.

Sesuai laporan Kadis Perumahan dan Permukiman Tapanuli Selatan, Harpan Siregar, ke-48 unit RLH itu terdiri atas 34 unit di Desa Sitampa Simatoras dan 14 unit lagi di Desa Janji Manaon, Kecamatan Batang Angkola.

"Anggarannya murni dari APBD Kabupaten Tapanuli Selatan 2018. Setiap unit penerima manfaat dibantu Rp15 juta (Rp13,4 juta untuk bahan bangunan dan Rp1,6 juta upah tukang)," jelasnya. Tambahan dana menyelesaikan unit RLH permanen dengan bervariasi ukuran itu dari si penerima manfaat.

Bupati Tapanuli Selatan dalam sambutannya mengatakan bahwasanya terwujudnya RLH tersebut atas perhatian pemerintah yang memberikan fasilitas kepada kabupaten/kota untuk mengembangkannya.

"Juga merupakan bagian butir ketiga Nawacita pemerintahan Kabinet Kerja di bawah Pimpinan Presiden Joko Widodo terkait peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia melalui program sejuta rumah termasuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Oleh karenanya keluarga penerima manfaat pantas bersyukur atas adanya bantuan tersebut. "Cara mensyukurinya, rawat baik bangunan tersebut agar tetap menjadi hunian yang sehat, aman, nyaman," harap Syahrul.

Lebih dari itu tetap jaga persatuan dan kesatuan serta kekompakan antarsesama masyarakat. "Kita harus mampu menyaring berita-berita jangan sampai persatuan dan kesatuan yang sudah terbina baik rusak dikarenakan berita-berita hoak," ujarnya.

Lebih jauh Syahrul manyampaikan apabila kesejahteraan masyarakat sudah meningkat agar tidak lalai menunaikan kewajibannya seperti membayar PBB yang nantinya dikembalikan lagi kepada masyarakat melalui program pembangunan.

Dalam kesempatan itu Camat Batang Angkola, Taufik R Lubis mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Tapanuli Selatan, karena program BSPS sudah mengurangi hunian tidak layak yang direhab menjadi layak huni secara permanen di wilayah kerjanya.

Mantan Dirut BUMD Tapsel H.Syamsul Qamar, mantan Dirut PT.TSM Hamdan Nasution, Kadis Pengendalian Penduduk/KB A.Saftar Harahap, Kadissos Nurdin Pane, Ketua Harian KONI Tapsel Zunaidi populer disapa Jon, Kabag Humas/Protokol Isnut Siregar hadir di acara ini.


Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu foto bersama di acara penyerahan kunci RHL dalam program BSPS Tapsel 2018 di Kecamatan Batang Angkola. (Antaranews Sumut/Kodir)

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018