Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Kabupaten Tapanuli Selatan mendapat bantuan ternak Kambing Peranakan Etawa (PE) dari Provinsi Sumatera Utara sebanyak 80 ekor.

Kadis Pertanian Tapanuli Selatan Bismark Maratua Siregar melalui Kabid Peternatakan Ali Maksum, kepada Antara di Sipirok, Kamis, mengatakan, bantuan ternak tersebut untuk mereka salurkan kepada empat (4) Kelompok Tani daerah itu.

Tiga kelompok mendapat bantuan tersebut berada di Kecamatan Sipirok, dan satu kelompok di Kecamatan Angkola Sangkunur. Masing-masing kelompok mendapat 20 ekor (dengan dua ekor pejantan 18 betina).

Kambing PE yang diterima Dinas Pertanian tersebut berkat bantuan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumut Tahun Anggaran 2018.

"Ada sebanyak 2000 ekor kambing PE yang akan disebar di 100 kelompok tani di Kabupaten/Kota di Sumut, salah satunya daerah Tapsel,"ungkapnya.

Bantuan tersebut katanya sejalan untuk mendukung visi misi Bupati Tapanuli Selatan Sayhrul M.Pasaribu mewujudkan masyarakat Tapsel yang sehat cerdas dan sejahtera.

Marah Adil Hutasuhut, Ketua Kelompok Tani Mekar Sari, Sipirok, mengatakan, sangat berterimakasih sekali kepada pihak pemerintah atas bantuankambing PE yang telah mereka terima, Kamis.

"Bantuan jenis kambing PE baru pertama kali masuk di daerah ini, kami siap mengembangbiakan menuju swasembada daging dan susu di 2020,"ujarnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018