Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan memeringati Hari Kesejatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018, Senin, di lapangan sepakbola PTPN III Batangtoru, yang dihadiri Bupati setempat Syahrul M.Pasaribu.

Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek berpesan, HKN kali ini dijadikan momen untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat sesuai tema ‘aku cinta sehat’.

"Mari kita tingkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya arti hidup sehat," kata Menkes dalam amanatnya yang dibacakan Bupati Syahrul M.Pasaribu.

Seperti menggelorakan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) yang diprakarsai Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang diatur pada Inpres Nomor satu (1) tahun 2017, tentang Germas.

"Kobarkan semangat melayani, menggerakkan, menangkap aspirasi masyarakat, memandirikan, dan memberdayakan masyarakat untuk capaian derajat kesehatan setinggi-tingginya. Dan, dimulai dari diri sendiri," ajak Menkes.

Dengan demikian lanjut Menkes, akan dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat, dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lainnya.

Sementara itu, Plt Kadis Kesehatan Marasaud melaporkan, bahwa peserta HKN yang hadir para OPD, TP.PKK, Camat, seluruh Kapus, PKK,OKP,  Kader Posyandu, Pos Bindu, dokter kecil dan PKPR.

Hadir juga diacara yang ditandai pemotongan tumpeng oleh Bupati, Wakil Bupati Aswin Efendi Siregar, mantan Dirut PT. TSM Syamsul Qamar, Sekretaris DPD KNPI Tapsel Dolly P Putra Pasaribu, pihak Forkopimda, PT AR, dan lainnya.

Acara tersebut juga diwarnai penyerahan mobil ambulans kepada Puskesmas Pintu Padang, Kecamatan Batang Angkola. Juga penyerahan sertifikat ODF (Stop Babs) untuk Desa Perkebunan Sigala-gala, Desa Hapesong Lama, Desa Napa dan Desa lainnya.

Penyerahan sertifikat Akreditasi Puskesmas Pintu Padang, Puskesmas Danau Marsabut dan Puskesmas Batangtoru. Penyerahan penghargaan dari BPJS Kesehatan kepada Kadis Kesehatan/ Kadis PMD dan Camat se- Tapsel.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018