Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) - Pemerintah Kota Padangsidimpuan akan berkolaborasi menjaga hutan sebagai sumber air.

Meski tahap rencana, namun kolaborasi itu penting mengingat kebutuhan air bersih Kota Padangsidimpuan bergantung (hutan) Tapanuli Selatan.

"Lisan rencana itu sudah kita bicarakan bersama Wali Kota/Wakil Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Siregar - Arwin Siregar baru ini, dan akan diseriusi," kata Wakil Bupati Tapanuli Selatan Aswin  Efendi Siregar.

Aswin mengungkapkan itu dalam satu kesempatan di Sipirok, apalagi ia masyarakat penduduk Padangsidimpuan yang tak berkeinginan mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.

"Hutan baik dia hutan lindung, cagar alam dan hutan produksi yang berada di wilayah Tapanuli Selatan seperti di Gunung Lubuk Raya, Sanggarudang, setidaknya terjaga dari kerusakan."

"Kita tidak ingin merasakan kesulitan hanya untuk mendapatkan air bersih. Karenanya, ekosistem (hutan) harus tetap kita jaga demi mempertahankan kantong-kantong air," katanya.

 Aswin mengatakan, akan membicarakan rencana kolaborasi tersebut lebih lanjut kepada Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu.

Dengan harapan ada sinergitas kedua daerah terkait ekosistem demi menjaga keberadaan air yang menjadi sumber kehidupan utamanya bagi masyarakat Padangsidimpuan.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018