Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Silaiya, salah satu Desa di Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) diresmikan menjadi Desa sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Peresmiannya oleh Bupati Tapsel Syahrul M.Pasaribu diwakili Sekda Tapsel Parulian Nasution, Selasa, yang sekaligus ditandai dengan pemukulan gong.

Setelah itu, penandatanganan nota kesepakatan atau "MoU" antara BPJS Ketenagakerjaan - Desa Silaiya terkait "Sinergitas Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan".

Hadir dalam MoU tersebut Kepala Kantor BPJS Cabang Padangsidimpuan Zainal Fakhruddin, Kadis Ketenagakerjaan Tapsel Amros Karangmatua, Asisten III Tapsel Marasaud, Kadis PMD Tapsel M.Yusuf, Sekcam Sayur Matinggi Emmy Farida, Kepala Desa Silaiya Safritua Nasution, dan masyarakat.

Bupati dalam sambutannya, mengatakan program BPJS Ketenagakerjaan merupakan program yang sangat sanagat bermanfaat di masyarakat. Tidak satu dua kali, bahwa santunan kepada peserta diberikan mulai nilai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

"Bila meninggal biasa diberikan santunan 24 juta rupiah, ketika terjadi kecelakaan kerja seluruh biaya pengobatan juga di tanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan ,"jelasnya sembari mengatakan bahwa program pemerintah ini bukan abal-abal, tetapi dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.
 
"MoU" antara BPJS Ketenagakerjaan - Desa Silaiya terkait "Sinergitas Program Jaminan Sosial. (Antaranews sumut/kodir)


Sementara, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan Zainal, mengatakan, tujuan diresmikannya Desa Silaiya sebagai Desa sadar Jaminan Sosial untuk melindungi warganya yang bekerja dari resiko-resiko kerja.

"Ini adalah permulaan dan bakal ada lagi Desa sadar Jamsos yang lainnya dengan sasaran seluruh para pekerja yang ada diseluruh Desa di Tapsel dapat terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan,"katanya.

Dua orang Perisai (penggerak Jaminan Sosial Indonesia) selaku perpanjangan tangan BPJS Ketenagakerjaan untuk merangkul warga Desa Silaiya untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan diresmikan secara simbolis.

Kepala Desa Silaiya Safritua Nasution, mengatakan, menyambut baik program BPJS Ketenagakerjaan tersebut, karena program tersebut sangat berguna dalam menjamin perlindungan diri dan keluarga saat ia bekerja.

"Terwujudnya program ini tidak lepas dorongan Pemerintah (Bupati) Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu maupun Camat Kecamatan Sayur Matinggi AM.Fadhil,"kata Safritua.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018