Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Hotmix ruas jalan Provinsi menghubungkan Kecamatan Sipirok - Kecamatan Arse mulai mengelupas dan bahkan berlobang-lobang.

Pantauan Antara dilokasi, Rabu, kerusakan badan jalan dirasakan sepanjang lebih kurang lima kilometer menuju ibukota Kecamatan Arse bila kita datang dari arah Sipirok.

Hotmix pada ruas jalan itu sudah pada banyak yang terkelupas dan memunculkan banyak penampakan lubang-lubang pada badan jalan.

Dugaan, kerusakan hotmix tersebut disinyalir diakibatkan tidak  adanya lancarnya drainase, sehingga bila hujan air meluber mengalir di badan jalan.

Genangan air diyakini sangat cepat dapat memengaruhi aspal jalan menjadi cepat rusak, disamping kwalitas dan faktor usia.

Salah satu warga Sipirok, Amran (48), mengatakan, masyarakat berharap kiranya pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk dapat memperbaiki jalan-jalan rusak di daerahnya tersebut.

"Untuk menghindari terjadinya resiko kecelakaan dan kerusakan sejumlah komponen kenderaan kiranya ruas jalan sekitar sepanjang lima kilomter tersebut dapat diperbaiki,"ujarnya.

Menurut Amran, tidak jarang para pengendera baik pengendara kenderaan roda dua dan pengendara kendaraan roda empat untuk saling menyalib mengelakkan jalan rusak.

"Karenanya, mengundang rawan kecelakaan dan sebaiknya segera dapat diperbaiki sebelum kerusakannya semakin bertambah parah,"katanya.

Parahnya, saat hujan sejumlah titik pada badan jalan berubah menjadi kolam - kolam kecil bahkan ada yang mencapai diameter lebih satu meter kedalaman 10 - 20 centimeter.   

 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018