Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Perpustakaan Kecamatan Arse, Kabupaten Tapanuli Selatan dinilai berhasil menumbuhkembangkan minat baca khususnya bagi pelajar di daerah itu.

Ditemui disela kesibukannya diruang perpustakaan Kecamatan Arse Mhd.Tamrin Siregar di Arse, Rabu, mengatakan, pengunjung perpustakaan berlokasi di Kantor Camat Kecamatan Arse itu lumayan ramai.

"Rata-rata setiap hari ada saja pelajar yang sengaja datang kesini meluangkan waktu untuk membaca baik pelajar tingkat  SMA maupun tingkat SMP, tetapi dominan murid Sekolah Dasar,"katanya.

Lebih 500 judul buku dengan ribuan eksemplar sebagai litelatur terletak rapi pada rak perpustakaan kecamatan yang memiliki delapan Desa dua Kelurahan tersebut.

"Judul bukunya pun  disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, dan paling diminati pembaca buku dibidang teknologi pertanian dan keterampilan disamping fisika dan lainnya,"sebutnya.  

Bahkan, untuk bisa menjangkau 12 sekolah SD, dua SMP, dan dua SMA tambah Madrasyah Tsanawiyah pihak kecamatan menyediakan satu mobil perpustakaan terjadwal keliling.

"Buku sebagai jendela dunia penting, agar masyarakat pelajar khususnya di Arse bisa pinter. Hal ini sejalan visi misi Pemkab untuk mewujudkan masyarakat menjadi cerdas disamping sehat dan sejahtera,"katanya.

Windi Pasaribu, Intan Bunga Nurdiyah Hutapea, Dewi Akhiriya Pane, ketiganya siswi SMP Negeri dua 2 Arse mengaku senang serta rajin membaca untuk menambah ilmu pengetahuan dari perpustakaan tersebut.

"Terimakasih kepada pihak pemerintah kecamatan yang telah menyuguhkan ratusan judul buku yang bisa kami baca dan gali untuk menambah ilmu pengetahuan selain dari sekolah," kata Windi Pasaribu ketika disambangi asik baca buku mengenai fisika.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018