Gunungsitoli, (Antaranews Sumut) - Kantor Kesyahbandran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas V Gunungsitoli, Sumatera Utara, menggelar pendidikan dan pelatihan secara gratis kepada masyarakat tentang keselamatan pelayaran dan kemampuan bekerja sebagai pelaut.
     
"Diklat tresebut kami gelar bekerjasama dengan Politeknik Pelayaran, Padang, Sumatera Barat, 1-12 Oktober 2018 yang dipusatkan di Komplek Pelabuhan Laut Gunungsitoli," kata Plt. Kepala KSOP Gunungsitoli Merdi Loi, di Gunungsitoli, Jumat. 
     
Selama diklat nantinya para peserta akan mendapat berbagai materi diantaranya Basic Safety Training (BST), Advanced Fire Fighting (AFF), dan Security Awareness Training (SAT).
     
"Untuk bisa mengikuti diklat yang kita gelar, masyarakat yang berminat wajib menyerahkan kelengkapan berkas di Kantor KSOP Gunungsitoli sampai 17 September 2018," ucapnya.
     
Agar dapat mengikuti diklat, peserta wajib menyerahkan surat keterangan tidak mampu membiayai diklat kepelautan dari kepala desa domisili masing-masing.
     
Serta menyerahkan foto ukuran 3x4 berlatar belakang warna 4 lembar, surat akte lahir untuk membuktikan usia peserta minimal 16 tahun, menyerahkan surat keterangan sehat dan tidak buta warna dari rumah sakit pemerintah.
     
Selain itu peserta menyerahkan ijazah minimal tamatan SMP atau sederajat, foto copy tanda pengenal KTP atau SIM dan mengisi formulir pendaftaran yang disediakan panitia. 
     
"Tujuan pelaksanaan diklat itu juga untuk memberi keterampilan dan keahlian kepada para peserta supaya bisa bekerja sebagai pelaut di kapal niaga maupun kapal nelayan," katanya.***4***

 

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018