Gunungsitoli,  (Antaranews Sumut) - Basarnas Nias memberikan pelatihan teknik-teknik dasar  SAR kepada pelajar di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, dengan harapan nantinya dapat dijadikan bekal dalam menghadapi kondisi darurat.
     
"Pelatihan dasar SAR dilaksanakan di kantor Basarnas Nias, di Desa Ononamolo I Lot,  selama empat hari ," kata Koordinator Basarnas Nias Tonggor Gultom, di Gunungsitoli, Senin.
     
Pelatihan dasar SAR yang mulai digelar pada 8 September 2018, diikuti sebanyak 
 30 orang yang berasal dari Pramuka Gugus Depan SMA Negeri 1 Gunungsitoli. 
     
Materi yang diajarkan kepada para pelajar pada pelatihan dasar SAR adalah Jungle Rescue, Vertikal Rescue dan Water Rescue.
     
"Kita melakukan pelatihan kepada pelajar untuk membina potensi SAR mereka sesuai dengan UU No 29 thn 2014 dan PP No 21 thn 2017," ujarnya. 
     
Para pelajar yang mengikuti pelatihan diharapkan memiliki potensi SAR, sehingga dapat dilatih, disiapkan dan dikerahkan bilamana dibutuhkan utk pelaksanaan operasi SAR. 
     
"Teknik dasar SAR itu penting untuk di pahami para pelajar, apalagi memang Kepuluan Nias alamnya dikelilingi oleh laut yang sewaktu-waktu tentunya kondisi darurat bisa saja terjadi," katanya.
     

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018