Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Dinas Pemerintahan Masyarakat - Desa (PMD) Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan memberi pembekalan ilmu kepada sebanyak 67 orang Kepala Desa yang  aru di daerah itu.

Kadis PMD Tapanuli Selatan M.Yusuf Nasution melalui Kabid Pemdes Ricky Hadamean Siregar, Rabu, mengatakan, ilmu yang diberikan dalam pembekalan mulai dari sejak (26 Agustus - 29 Agustus 2018) di Hotel Natama Hotel, Padangsidimpuan itu terkait tugas pokok dan fungsi Kades sehari-hari.

Seperti manajemen pemerintahan desa, pengelolaan keuangan desa, tatacara perhitungan perpajakan desa dan pengadaan barang dan jasa desa secara teori dan praktik, oleh nara sumber Inspektorat, BPKPAD, Kabag Hukum, dan PMD.

Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu saat acara pembukaan juga kata Ricky, mengatakan, pembekalan seperti ini penting dan  strategis sebagai acuan sinkronisasi program kerja antara Pemerintah Kabupaten, Kecamatan dan desa.

"Program pembangunan harus diselaraskan untuk menghindari tumpangtindih di lapangan. Lebih penting lagi dalam menjalankan program harus sesuai dengan azas kepatutan dan aturan yang ada serta akuntabel,"tambahnya.

Menurut Ricky, selama pelatihan berlangsung seluruh peserta Kepala Desa cukup memahami seluruh materi yang diberikan oleh instruktur.

"Mudah-mudahan seluruh kepala desa yang mengikuti pembekalan ini dapat mengaplikasikan ilmunya demi percepatan pembangunan Tapanuli Selatan kearah lebih baik kedepan,"harapnya.

Semua itu tambahnya dalam rangka mewujudkan masyarakat Tapanuli Selatan yang sehat cerdas dan sejahtera.

 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018