Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Puluhan kendaraan roda empat yang sengaja dihias berbagai ornamen menarik perhatian acara karnaval - defile dalam memeriahkan HUT ke-73 Republik Indonesia di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Pemantauan Antara, di Sipirok, menyebutkan, antusias ribuan masyarakat sangat terlihat. Kiri kanan bahu jalan sepanjang lebih satu kilometer dari titik start di desa Simaninggir menuju panggung uatama di depan Alun-alun pasar Sipirok dipadati orang.

Dari panggung kehormatan Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu/Ketua TP.PKK Syaufia Lina Syahrul M.Pasaribu memberi penghormatan kepada seluruh peserta defile yang sampai di titik finish.

Peserta defile dari berbagai instansi seperti unsur TNI, Polri, OKP, pelajar, BKMT, dan lainnya. Ada sebagian kelompok defile mengenakan corak ragam pakaian menampilkan adat budaya nusantara.

Demikian Instansi jajaran Pemkab Tapanuli Selatan masing-masing menghias kenderaan mereka sesuai tema HUT RI dikaitkan dengan kinerja SKPD masing-masing.

Contoh, Dinas Pertanian menampilkan mobil hias yang dihiasi potensi dan hasil pertanian daerah, Perpustakaan dengan tampilan bukunya, Ketapang dengan hsil buminya, dan lain sebagainya.

Salah satu masyarakat Sipirok, Dame Siregar mengatakan, sangat mendukung acara kegiatan seperti defile/karnaval. Masyarakat sangat terhibur. Karena kegiatan ini semarak setelah Pusat Pemkab Tapanuli Selatan pindah ke Sipirok.

Setelah acara ini, dilakukan aubade atau penurunan Bendera Merah Putih di Halaman Pusat Kantor Bupati Tapanuli Selatan, Jalan Lafran Pane, Sipirok, Jumat petang.

Dalam upacara penurunan Bendera Merah Putih ini, Dandim 0212/TS Letkol ARM Azhari bertindak sebagai Inspektur Upacara. Komandan upacara Kapten Inf Marsaman Siregar. Pembawa Bendera Merah Putih Keysari Maulidya Siregar siswi  SMAN 2 Plus Sipirok satu dari 73 anggota Paskibra Tapanuli Selatan dalam aubade tersebut.
 
Dandim 0212/TS Letkol ARM Azhari selaku Irup Aubade menerima kembali Bendera Merah Putih dari Keysari Maulidya Siregar salah satu dari 73 anggota Paskibra untuk upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di daerah itu, Jumat 17 Agutus 2018 (Antara/kodir)


Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu dalam kesempatan tersebut juga menganugerahkan satyalencana karya satya sejumlah Aparatur Sipil Negara yang telah mengabdi untuk negara selama 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun.
 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018