Gunungsitoli, (Antaranews Sumut ) - Pemerintah Kota Gunungsitoli, SUmatera Utara, akan membangun tugu durian di persimpangan Jalan Lagundri, Kelurahan Pasar, sebagai salah satu upaya untuk menambah keindahan kota itu.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Gunungsitoli, Salom Mendrofa, di Gunungsitoli, Minggu, mengatakan, pembangunan tugu durian tersebut baru dimulai tahun ini.

"Tahun ini kita baru membangun pondasi saja serta membangun taman di sekitar tugu menggunakan dana rutin swakelola APBD Kota Gunungsitoli tahun 2018," jelasnya.

Menurut dia, dana rutin yang dianggarkan untuk membangun pondasi tugu durian, membangun beberapa taman dan memelihara taman di Kota Gunungsitoli Rp 500 juta.

"Untuk membangun pondasi tugu, membangun taman dan memelihara taman, kita melakukan secara swakelola karena volume pekerjaan taman tidak bisa diprediksi pada saat pengajuan swakelola, dan tergantung kebutuhan yang mendesak utk segera dilaksanakan, " ucapnya.

Untuk penyelesaian pembangunan tugu durian, Salom menargetkan selesai pada tahun 2019 apabila anggaran memungkinkan.

Tidak lupa dia memberitahu, tujuan pembangunan tugu durian adalah sebagai salah satu sarana ruang terbuka hijau di Kota Gunungsitoli yang bisa menambah keindahan Kota Gunungsitoli dan sebagai objek wisata.

Tugu durian juga akan menjadi ikon Kota Gunungsitoli untuk memberitahu jika Kota Gunungsitoli juga daerah penghasil durian.

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018