Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu - Kepala Kepolisian Resor Tapanuli Selatan AKBP M.Iqbal melakukan pemeriksaan barisan personel pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2018 di daerah itu. 

Turut pemeriksaan pengamanan di acara apel gelar pasukan ini Sekda Tapsel, Kadis PMD, Kaban Kesbangpol Linmas, di halaman upacara Perkantoran Pemkab Tapanuli Selatan, di Jalan Lafran Pane, Dano Situmba,  Sipirok, Jumat petang.

Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu dalam kesempatan sambutannya mengatakan, mengapresiasi sebesar-besarnya kepada Kapolres serta jajarannya, Brimob, TNI, Linmas, Satpol PP yang telah berpartisipasi untuk pengamanan pelaksanaan Pilkades serentak 23 April 2018.

"Ini sebagai bentuk sinergitas yang baik antara Pemkab Tapsel - Aparat Kemananan/TNI dalam rangka menciptakan/menjaga kekondusifan daerah agar tetap terjaga atau tidak tercabik-cabik diakibatkan Pilkades,"ujarnya. 

Dikesempatan ini Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat Tapsel untuk tidak merusak tatanan "dalihan natolu" serta juga mengajak seluruh ratusan calon kepala desa yang hadir untuk berkompetisi secara fair.

"Jangan pertentangkan perbedaan apalagi menyangkut suku agama atau ras, dan hindari juga berita bohong atau 'hoax'. Mari jaga kekompakan dan persatuan agar kita (Tapsel)  tetap menjadi contoh bagi daerah lain,"katanya. 

Menurutnya kekompakan dan persatuan penting dalam rangka peningkatan/percepatan akslerasi pembangunan daerah. Kepada para Camat Bupati juga menekankan untuk pro aktif memantau perkembangan wilayahnya masing-masing.

Sebelumnya Kapolres Tapanuli Selatan AKBP M. Iqbal selaku pimpinan apel menekankan kepada seluruh 1200 personel pengamanan Pilkades serentak harus peka terhadap perkembangan di wilayah tugas masing-masing, " jarum jatuh pun harus diketahui,"tegasnya. 

Iqbal mengatakan pengamanan Pilkades sebagai representasi pengamanan Pilkada serentak 2018. "Kalau ini sukses maka insya Allah pengamanan Pilkada serentak 27 Juni 2018 mudah mudahan bisa lancar,"sebutnya. 

Lebih jauh Iqbal meminta seluruh personel untuk melakukan pengawasan terhadap politik uang dalam Pilkades. Personel juga ditekankan berbaur dengan masyarakat bila perlu turut bekerja bakti seperti membersihkan rumah-rumah ibadah dengan masyarakat. 

Disampaikannya untuk pergeseran pasukan pengamanan mulai tanggal 21 - 24 April 2018 ke dari 67 lokasi desa penyelenggara Pilkades di 14 Kecamatan se Tapanuli Selatan.
 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018