Medan  (Antaranews Sumut) - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menyiapkan layanan satu pintu untuk memudahkan pelanggan di Sumatera Utara memasang sambungan listrik.

Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Wilayah Sumut Abdul Rahman di Medan, Kamis, mengatakan layanan satu pintu itu lebih dikhususkan untuk pemasangan baru dan perubahan daya kepada pelanggan daya tertentu.

Layanan satu pintu tersebut merupakan layanan satu nomor kode booking untuk layanan pasang baru dan perubahan daya dengan kepengurusan Sertifikat Laik Operasi (SLO).

Baca juga: PLN permudah pembayaran tagihan listrik

"Masyarakat akan memperoleh kemudahan melalui layanan satu pintu ini. Layanan itu merupakan bentuk komitmen PLN dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Untuk mempersiapkan Layanan Satu Pintu itu, PLN menggelar dengan mengundang sejumlah perbankan dan pemangku kepentingan yang berkaitan dengan layanan ketenagalistrikan.

Manajer Bidang Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Wilayah Sumut Isdenta Sinurat menjelaskan mengacu pada Peraturan Menteri ESDM nomor 27 Tahun 2017, untuk mendapatkan SLO tersebut, akan dikenakan biaya SLO yang dibayarkan bersamaan dengan biaya penyambungan kepada PLN melalui Layanan Satu Pintu.

Selama ini, banyak warga yang mengira bahwa listrik ke rumahnya akan langsung tersambung dengan melakukan permohonan pasang baru ke PLN.

"Memang akan cepat tersambung jika pelanggan telah memastikan instalasi listrik di bangunannya sudah terpasang dan siap untuk dialiri tegangan listrik," ujar Isdenta.

Untuk memastikan instalasi rumah pelanggan siap untuk dialiri tegangan listrik, akan dilakukan pengecekan sebelumnya untuk menerbitkan SLO.

PLN akan meminta kelengkapan berkas calon pelanggan yang mengajukan permohonan pasang baru tersebut.

"Dengan adanya LSP, pelanggan mau pun calon pelanggan akan dimudahkan dengan layanan satu paket layanan," katanya.

(T.I023/B/A039/A039) 29-03-2018 10:40:19

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018