Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Tapanuli Selatan salah satu daerah Kabupaten di Provsinsi Sumatera Utara tercepat merealisasikan Dana Desa (DD) tahap pertama I Tahun Anggaran 2018.

"Sejumlah sudah direalisasikan,"ujar Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Pemdes) Tapanuli Selatan melalui Kabid Pemdes Ricky H.Siregar S.IP, di Sipirok, Kamis petang.

Penyalurannya kata dia lewat transfer DD dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke Rekening Kas Daerah (RKD).

Dijelaskannya pagu anggaran DD Tapanuli Selatan tahap pertama I sebesar Rp29.173.466.800,- atau 20 persen dari total pagu DD Tahun Anggaran 2018 sebesar Rp145.867.334.000,- yang sistem realisasinya tiga 3 tahap (20%-40%-40%).

Bahkan jelasnya lagi  transfer DD dari  Rekening Umum Kas Negara (RKUN) ke RKUD Tapanuli Selatan juga menjadi yang pertama di Sumatera Utara, dimana Kabupaten Tapanuli Selatan penerima DD pada Tanggal 6 Februari 2018.

Ia juga menginformasikan bahwasanya menurut catatan P3MD Provinsi Sumut hingga tanggal 19 Maret 2018 baru dua 2 Kabupaten/Kota di Sumut yang baru merealisasikan Dana Desa Tahap I Tahun 2018 yaitu Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kabupaten Phakpak Barat.

"Kiranya setiap desa di Tapanuli Selatan dapat memanfaatkan program dana desanya dengan baik sesuai regulasi yang ada,"pintanya. Sehingga, dampak positif kehadiran dana desa bisa dirasakan masyarakat secara luas.

"Pembangunan dana desa harus mampu mengangkat kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri sesuai harapan nawacita Presiden RI Joko Widodo membangun Indonesia dari pinggiran(desa),"jelasnya.

 Dalam kesempatan ini Pemdes berharap kepada sebagian pemerintahan desa untuk sesegera melakukan koordinasi baik di kecamatan maupun kabupaten untuk dapat sepatnya melengkapi berkas desa untuk mengajukan rekomendasi realisasi pencairan ke Badan Pendapatan Daerah daerah itu.

"Dengan harapan sebelum Maret 2018 berakhir dana desa tahap petama I tahun 2018 dapat direalisasikan seluruh 212 desa di 14 kecamatan se-Tapanuli Selatan dengan baik,"pintanya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018