Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Kehadiran Kementerian Agama untuk melindungi semua pemeluk agama di negara kesatuan republik indonesia.

"Selain itu mengatur, membimbing dan melayani," kata Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin.

Menteri agama ujarkan dalam amanatnya dibacakan Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu pada upacara hari amal bhakti Kementerian Agama RI ke-72 tingkat Tapanuli selatan, di halaman kantor Kemenag Tapsel, Jalan Kenanga, Padangsidimpuan, Rabu.

Kemenag kata menteri, bertugas sebagai pengawal dasar negara yaitu Pancasila yang didalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jatidiri bangsa Indonesia.

Tugas itu sebut menteri sangat penting. Karenanya, pada setiap diri ASN Kemenag melekat beberapa misi yang saling terkait, antara lain mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama berkualitas.

Kemudian misi melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan  bermutu, memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan, serta menjaga kerukunan hidup antar umat beragama.

Di bidang tata kelola keuangan Kemenag juga mendapat opini hasil audit BPK dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan kenaikan indeks penilaian reformasi birokrasi.

Pelayanan haji, indeks kepuasan jamaah haji terus meningkat, indeks kerukunan beragama berada dalam angka positif, pelayanan nikah di KUA, kenaikan pada standar mutu pendidikan agama dan keagamaan di tingkat dasar, menengah maupun perguruan tinggi.

Bahkan katanya, Kemenag dinilai sebagai penyumbang PNBP terbesar, pelapor LHKPN terbanyak serta beberapa penghargaan lainnya dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018