Sipirok,11/8(Antarasumut)-DPRD Tapanuli Selatan mengapresiasi kinerja BUMD Tapanuli Selatan yang sudah berhasil berkontribusi menambah pendapatan bagi daerah dari pengelolaan pasar
Tradisional.

"Dari perkembangannya pantas BUMD PT TSM (Tapanuli Selatan Membangun) mendapat apresiasi," kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan, Naswardi Sihaloho kepada Antara, di Sipirok, Jumat.

Selama ini seluruh 22 pasar tradisional yang ada di 14 Kecamatan yang tersebar di Tapanuli Selatan yang dikelola Pemda  dinilai belum mampu menyumbang untuk kas daerah, padahal dimodali  lagi
melalui APBD.

"Namun setelah pasar yang nota bene lahan 'cetak uang' di serahkan pengelolaannya kepada BUMD sejak Januari 2017 kini sudah bisa menambah kas daerah, padahal Pemda menyerahkan asset pasar itu untuk dikelola dengan tanpa modal (nol)," ujarnya.

Politisi partai Nasdem itu berharap kepada BUMD agar lebih memaksimalkan pasar-pasar yang ada di wilayah yang saat ini dipimpin Bupati Dua Pri0de Syahrul M.Pasaribu itu lebih maksimal.

"Dengan memaksimalkan pasar-pasar tradisional termasuk nantinya pengelolaan pasar Ampolu, di Kecamatan Muara Batangtoru yang belum jelas juntrung pengelolaannya akan lebih menambah
pundi-pundi kas daerah kedepan,"pintanya.

Sementara Manejer operasional BUMD PT TSM Defri Siregar secara terpisah menyebut Pemda meberikan target Pendapatan Asli Daerah Tahun Anggaran 2017  dari pengelolaan pasar-pasar tersebut
Sebesar Rp.330 juta.

"Alhamdulillah, sejak operasi efektif 16 Januari hingga Juli 2017 BUMD sudah memberikan masukan  ke Pemda dari pengelolaan pasar sebesar Rp.193 juta lebih atau sekitar 58%,"jelasnya.

Defri optimis sebelum tahun anggaran 2017 berakhir seluruh apa yang ditargetkan Pemerintah Daerah itu diproyeksikan bakal tercapai.

Lebih jauh BUMD  PT.TSM mengucapkan terimakasih kepada Bupati Syahrul M.Pasaribu yang terus menindaklanjuti upaya perbaikan fasilitas pasar dan renovasi pasar.

"Langkah Bupati itu sejalan dengan  harapan Wakil Ketua DPRD Tapsel Naswardi Sihaloho memaksimalkan pasar untuk meningkatkan kontribusi dari sumber pasar,"pungkasnya.

Pewarta: kodir pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017