Simalungun, 10/5 (Antarasumut) - Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga mengajak elemen pemuda untuk meningkatkan rasa memiliki terhadap istiadat dan budaya daerah.
     "Saya harapkan akan lahir rasa memiliki yang lebih dalam terhadap budaya dan adat istiadat Simalungun dan mengembalikan jati diri Simalungun agar mampu bertahan dalam arus globalisasi," kata Amran, Rabu.
     Harapan itu disampaikan Amran pada seminar dan lomba karya tulis yang dilaksanakan Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungu (Himapsi) di gedung pertunjukkan SMK Seni dan Budaya Pamatang Raya.
     Menurut Amran, globalisasi memungkinkan adanya penurunan rasa cinta terhadap budaya dan adat istiadat budaya daerah, sehingga perlu disikapi.
      Amran juga menyampaikan apresiasi Pemerintah Kabupaten kepada Himapsi yang melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi pemuda dan lestarinya budaya daerah.
      "Melalui seminar ini nantinya diharapkan akan memberikan kontribusi nyata yang terwujud dari perubahan yang lebih baik kedepan," kata Amran.
      Seminar dan karya tulis yang dilaksanakan HIMAPSI mengangkat tema "Mewujudkan Jati Diri Simalungun" dengan pembicara Dr Erond L Damanik.
      Ketua Panitia, Sevani Damanik dalam laporannya mengatakan, seminar bertujuan agar budaya Simalungun dapat terus berkembang di tengah-tengah masyarakat, terutama para generasi muda dan para pelajar tetap menunjukkan jati dirinya sebagai warga Simalungun.
     "Mari kita kembali membangun daerah kita, yakni bumi Simalungun," ajak Sevani.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017