Tapanuli Selatan,18/4(Antarasumut)-Kader Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K)-PKK Desa Binaan Hapesong Baru, Kecamatan Batangtoru, Tapanuli Selatan mendapatkan pelatihan guna meningkatkan pengetahuan dibidangnya.

Camat Kecamatan Batangtoru, M.Yamin Batubara di Tapanuli Selatan, Selasa, mengatakan, ada dua kelompok UP2K PKK Hapesong Baru yang mendapat pelatihan tersebut pertama Kelompok Sahata kedua  Kelompok Marsada.

Kelompok Sahata dengan narasumber Cut Hutabarat memberikan pengetahuan tentang usaha membangkitkan makanan khas daerah itu (kuliner).

Kelompok Marsada dengan narasumber Indri Gandi mengajarkan bagimana pemanfaatan potensi daerah menjadi home industri atau kerajinan rumah tangga, di kantor Desa Hapesong Baru, Senin.

Memang kata Camat Batubara sejak dua tahun kevelakang kedua kelompok UP2K PKK Desa Binaan Hapesong Baru itu sudah mengembangkan kedua usaha tersebut dalam rangka menopang dan meningkatkan ekonomi rumah tangga mereka.

Seperti produksi keripik pisang, tempe goreng dan lainnya dibidang makanan ringan, serta gantungan kunci, mangkok, tempat tissu semuanya berbahan tempurung kelapa yang bermodalkan kelompok.

"Meski sudah bergerak dibidang kedua usaha makanan ringan dan home industri tetapi kedua kelompok Sahata dan Marsada perlu lagi mendapatkan pengetahuan baru dari instruktur,"katanya.

Setiap kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) masing  beranggotakan sepuluh orang per kelompok dan kedua kelompok itu berharap ikut pelatihan akan menambah inovasi usaha bahkan lebih meningkat.

Selaku pembina pihak Kecamatan akan memerhatikan usaha ekonomi produktif, yang dapat mengembangkan lapangan usaha dengan didukung  potensi, ketersediaan bahan baku dan teknologi lokal bagi dua kelompok khusus (UP2K) Hapesong Baru tersebut.

"Pelatihan kita fasilitasi guna memperkuat pengetahuan kelompok PKK dalam mengelola dan menumbuhkembangakan usaha ekonomi untuk meningkatkan pendapatan keluarga,"kata Camat Batubara.

Disamping tujuan lain meningkatan usaha ekonomi keluarga melalui usaha kelompok UP2K-PKK sehingga diyakini akan dapat pula meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga disamping pemahaman kepada kader.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017