Medan, 23/3 (Antara) - Universitas Sumatera Utara hingga saat ini  telah menjalin kerja sama dengan 11 universitas yang ada di luar negeri.

"Kesempatan untuk mengadakan kerja sama luar negeri semakin terbuka dengan kehadiran sembilan  Dubes  dari Eropa bersama delegasi pada 20 Oktober 2016 sebagai narasumber seminar penguatan pariwisata di Sumatera Utara," kata Rektor USU Prof.Dr.Runtung Sitepu,SH,M.Hum, di Medan, Kamis.

Kesembilan Duta Besar Negara Sahabat itu, menurut dia, yakni  Duta Besar Uni Eropa, Austria, Yunani, Italia, Irlandia, Hungaria, Slovakia, dan Wakil Duta Besar Denmark, dan kunjungan Duta Besar Korea Selatan pada tanggal 27 Januari 2017.

"Kemudian, Prestasi mahasiswa USU selama tahun 2016 dalam berbagai kompetisi tingkat internasional maupun nasional cukup menggembirakan," ujar Runtung.

Ia menyebutkan, untuk meningkatkan prestasi mahasiswa USU, maka dalam RKA USU tahun 2017 telah ditambah jumla hanggaran untuk kegiatan mahasiswa.

Sebagai hasil dari kerja keras tersebut, dan berdasarkan hasil pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia yang dilakukan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, USU berhasil naik 9 angka dari peringkat 38 pada tahun 2015 menjadi peringkat 29 pada tahun 2016.

"Saat ini, USU sedang memasukkan data kondisi terkini USU ke Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) untuk menjadi dasar penilaian penentuan peringkat oleh Kemristekdikti yang penilaiannya biasanya dilakukan bulan Agustus 2017," ucapnya.

Pewarta: Munawar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017