Gunungsitoli, 25/10 (Antarasumut) - Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Gunungsitoli, siap menggelar pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan digelar di Kota Gunungsitoli tanggal 27 Oktober 2016. 

Dana pelaksanaan Pilkades serentak di Kota Gunungsitoli tahun 2016, dianggarkan oleh Pemko Gunungsitoli sebesar Rp 1.350.000.000. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala BPM Kota Gunungsitoli Arham Dusky Hia melalui Kabag Humas Pemko Gunungsitoli Jasniati yang ditemui di kantor Wali Kota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Selasa.

Menurut Kabag Humas, desa yang menggelar Pilkades serentak tahun ini di Kota Gunungsitoli sebanyak 65 desa. 

Ke 65 desa tersebut berada dibawah wilayah Kecamatan Gunungsitoli, Gunungsitoli Barat, Gunungsitoli Selatan, Gunungsitoli Idanoi dan Gunungsitoli Alo’oa.

Jumlah calon kepala desa yang akan bertarung pada Pilkades sebanyak 226 calon kepala desa. 

Mengenai pengamanan Pilkades, Pemko Gunungsitoli telah berkoordinasi dengan Polres Nias. Dari hasil koordinasi, Polres Nias menerjunkan minimal 1 personil pengamanan untuk satu desa yang menggelar Pilkades.
101 Polisi Amankan Pilkades Kota Gunungsitoli

Kapolres Nias AKBP.Bazawato Zebua, SH, MH melalui Ps.Paur Humas Polres Nias Aiptu.Osiduhugo Daeli yang ditemui di Mapolres Nias, Jalan Melati, Kelurahan Ilir, Kota Gunungsitoli, Selasa, menegaskan jika Polres Nias siap mengamankan pelaksanaan Pilkades di Kota Gunungsitoli.

Untuk mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak di Kota Gunungsitoli, Polres Nias menurunkan sebanyak 101 personil di 65 desa yang menggelar Pilkades. 

Tidak lupa, Kapolres Nias melalui Ps.Paur Humas berharap, pelaksanaan Pilkades di Kota Gunungsitoli dapat berlangsung dengan aman dan kondusif.

Pewarta: Irwanto Hulu

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016