Medan, 6/9 (antarasumut) - Pemerintah Provinsi Sumatera utara mengoperasikan Public Safety Centre 119 untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah itu.

"Public Safety Centre 119 yang dioperasikan di UPT Pelayanan Ambulans dan Pengaduan Masyarakat Jalan Teratai No. 6 Kompleks Pemda Tk. I Medan itu diharapkan benar-benar menjalankan fungsinya untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat khususnya yang darurat," kata Gubernur Sumut H T Erry Nuradi di Medan Selasa.

Dia mengatakan itu usai peresmian Public Safety Centre 119 .

Guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, kata dia, manajemen 119 itu bisa memperbanyak kerja sama dengan pihak rumah sakit dan yang terkait dengan layanan kesehatan.

"Pemprov Sumut dewasa ini berupaya ke depannya di setiap kecamatan minimal ada satu puskesmas dan ambulans untuk pelayanan kesehatan awal sebelum dirujuk ke rumah sakit yang lebih memadai," katanya.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Agustama, mengatakan, dewasa ini, kerja sama layanan 119 masih baru dilakukan dengan lima rumah sakit yang ada di sekitar Kota Medan.

"Manajemen Public Safety Centre 119 akan segera menjalin kerja sama lagi dengan banyak rumah sakit dan pihak lainnya," katanya.

Bahkan, kata dia, dalam upaya pelayanan kesehatan sebagai upaya untuk melayani keadaan darurat di bidang kesehatan, kerja sama ditingkatkan hingga ke daerah lain di Sumut.

Kepala UPT Pelayanan Ambulans dan Pengaduan Masyarakat, Afwan menjelaskan bahwa Public Safety Centre 119 Provinsi Sumut dilengkapi dengan operator yang profesional yang merupakan tenaga-tenaga medis dan dokter.

Adapun ambulans yang digunakan adalah kenderaan dan fasilitas yang sesuai dengan ketentuan Kementerian Kesehatan dan terhubung langsung dengan rumah sakitt yang telah bekerja sama dengan Public Safety Centre 119.

"Dengan fasilitas itu, maka diharapkan penanganan awal untuk penderita yang menghubungi dan dilayani 119 bisa lebih maksimal," katanya. 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016