Labuhanbatu Selatan, 23/8 (Antarasumut) - Komandan Kodim 0209/Labuhanbatu Letkol Inf Berkim Sitompul melalui Danramil 11 Kotapinang Mayor Inf. Ertiko Cholifa melakukan penanaman perdana benih padi varietas Kartika 1/82 untuk mewujudkan program pemerintah dalam bidang swasembada pangan.

"Varietas Kartika 1/82 ini sudah pernah dikem­bangkan Kodim di jajaran Korem Padang, Sumatera Barat. Hasilnya, dalam masa tanam pertama pada 2015, jajaran Korem Padang mampu meraup hasil panen rata-rata 6-7 ton/hektare," kata Ertiko Cholifa di lokasi penanaman, Selasa.

Dia menjelaskan, sudah banyak keberhasilan di berbagai daerah, namun tetap harus didukung dengan perhatian memadai. Ertiko menargetkan, dari percontohan ini juga akan dihasilkan 6-7 ton gabah dalam masa tanam 110 hari, sehingga meningkatkan penghasilan petani. 

"Ini bibit unggul dan terus dikembangkan di seluruh jajaran Kodam I/BB. Ini merupakan proyek percontohan, diharapkan hasilnya lebih dari varietas lainnya yang selama ini digunakan," katanya.

Ketua Kelompok Tani Semeru, Isno Harmono menjelaskan, terdapat 32 hektare lahan produktif di daerahnya dan masih ada 60 hektare lagi yang belum terkelola. 

Menurutnya, petani setempat di Desa Mampang menggunakan benih padi varietas Ambekongga dan Ciherang dengan hasil rata-rata 5,5 ton/hektare.

"Dengan varietas Kartika 1/82 ini kami berharap hasil panen meningkat, sehingga dapat dikembangkan di seluruh areal tanam yang ada," ujarnya

Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Kholil Jufri Harahap mengapresiasi apa yang dilakukan Kodim 0209 Labuhanbatu untuk mencapai kemandirian pangan secara nasional. 

"Ini harus terus dikembangkan untuk 632 hektare sawah di Kab. Labusel. Pemkab sangat mendukung berbagai kegiatan menyangkut kemandirian pangan," katanya.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016