Sipirok, 24/8 (Antarasumut)-Porang Pane, menjabat Kabag Humas dan Protokol Pemkab Tapanuli Selatan yang baru menggantikan Anwar Efendi Simanungkalit.

Seiring dilantiknya Porang Pane, bersamaan lima pejabat eselon III lainnya oleh Bupati H.Syahrul M.Pasaribu, berbagai harapan baru pun muncul khususnya dari kalangan Pers.

Khairul Arif salah satunya, wartawan satu ini mengatakan, posisi Kabag Humas dan Protokol dinilai cukup vital, terutama bagi kalangan 'kuli tinta'.

Selaku 'corong' dan sumber informasi pemerintah, berharap sosok humas baru dituntut lebih piawai memainkan perannya, paham 'keinginan' pemerintah maupun wartawan.

"Humas harus dapat mau memberi dan menginformasikan segala sesuatu hal terkait bahan publikasi secara cepat dan akurat, dan berimbang," katanya.

Selaku mitra pemerintah, pers sangat berperan penting dalam  menyuarakan dalam untuk keberhasilan kemajuan pembangunan daerah, disamping bertugas sebagai control sosial.

"Sebesar apapun yang dikerjakan pemerintah akan tidak berarti apa-apa tanpa terpublikasi secara luas ke publik," kata wartawan lainnya Ampera Simamora menimpali.

Keduanya, Arif dan Simamora jauh berharap hubungan yang selama ini sudah baik, akan dapat ditingkatkan lagi.

Mereka katakan, indikator, terjalinnya sinergitas yang baik antara kalangan pers dengan pemerintah tidak lepas dari pro aktif Kabag Humas.

Namun, dari berbagai pengalaman dimilikinya, Khairul optimis, Porang Pane mampu memposisikan diri sebagai 'jembatan' dalam peningkatan  hubungan baik antara pers dengan Pemkab.

Pengalaman di birokrasi Porang sudah tidak diragukan keseniorannya,  ditambah kiprahnya berorganisasi, sekretaris DPD AMPI Tapsel, dinilai akan mampu memenej tugasnya akan lebih baik.

"Perpaduan pengalaman birokrasi dan organisasi kepemudaan diharap mampu mengakomodasi 'kepentingan' pemerintah dan wartawan secara berimbang," sebut Arif.

Diungkapkannya, Porang Pane dikenal sosok yang berintegritas, memiliki kapabelitas, serta akuntabel, jadi, kepemimpinannya 'tak  perlu diragukan lagi.

"Sosok Pane juga dikenal 'low profile', apa adanya dan rendah hati serta memiliki jaringan luas," kata  Arif mengakhiri.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016