Tebing Tinggi,3/8 (Aantarasumut) - Wali Kota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan bersama wakilnya Oki Doni melakukan menebar bibit ikan di Sei-padang sekaligus meninjau kerambah ikan kelompok tani makmur di Kel.Tambangan Hulu Padang Hilir, Selasa.

Penebaran ikan ini serangkaian kegiatan acara Pembukaan Pos Simpul Koordinasi [Posko] tingkat Kota Tebing Tinggi Dinas Pertanian yang dilaksanakan dilapangan Merdeka, sekaligus penyerahan 30 unit Alsintan bantuan kementrian Pertanian RI kepada kelompok Tani Tebing Tinggi.

Walikota menyampaikan kedepan Indonesia akan mengalami transpormasi struktural sektor pertanian ditandai Migrasi penduduk dari sektor pertanian ke non pertanian, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pemerintah berupaya di bidang pertanian memperbaiki infrastruktur sperti irigasi,jalan usaha tani, bangunan dam, dan lain-lain.

juga memberikan bantuan berupa benih, subsidi, bantuan pupuk, pestisida, alat mesin tani hand traktor, ric transplanter,pompa air, traktor roda empat dapat menghemat tenaga kerja 70 -80 persen dan ongkos produksi 30-40 persen.

Disampaikannya, berbahagialah kita meskipun Tebing Tinggi merupakan sebuah kota perhatian Pemerintah Pusat terhadap kelompok tani cukup besar.

Dalam tahun 2016 ini menerima bantuan berupa benih bersertifikat untuk 2 unit Desa mandiri benih 500 Kg benih padi varietas 30 untuk 20 Ha,benih bersubsidi 15 ton,budidaya ubi kayu 150 ha, budidaya jagung 75 Ha.

Bantuan lainnya pompanisasi untuk 4 kelompok tani,4 unit hand traktor,4 unit pompa air, 5 unit combine harvester sedang, 5 unit yang kecil,10 unit powe thereser multi guna, 2 unit yang biasa khusus untuk padi dan 2 unit corn seller pemipil jagung.

Diharapkan Walikota, bantuan tersebut hendaknya dijaga dan dirawat secara baik, gunakanlah untuk kepentingan semakin baiknya penghasilan para petani di Tebing Tinggi yang senantiasa tetap megikuti anjuran dari para penyuluh pertanian.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016