Memiliki anak kecil bertubuh gemuk pastilah menggemaskan. Tetapi harus diingat, buah hati anda harus sehat tanpa obesitas. Obesitas dapat memacu gangguan jantung, diaberes dan kolesterol.

1. Hindari Berikan Junk Food

Rasanya memang enak dan harga yang terjangkau, tapi makanan cepat saji tidak baik untuk anak. Kandungan lemak dan gula yang tinggi pada makanan cepat saji dapat membuat anak menjadi gemuk. Selain itu, makanan cepat saji tidak memiliki kandungan gizi untuk pertumbuhan anak. 

2. Lakukan Aktivitas Fisik di Luar Rumah

Ajaklah anak Anda melakukan aktivitas fisik di luar rumah, misalnya bermain bola, jogging, berenang, bersepeda atau jalan-jalan. Hal ini bertujuan agar anak mau bergerak sekaligus membuat tubuh menjadi sehat. 

3. Batasi Paparan Layar

Selanjutnya, jangan biasakan untuk memberikan kebebasan kepada sang anak untuk berlama-lama di depan TV atau komputer. Hal ini membuat anak Anda menjadi malas bergerak dan berdiam diri di rumah. Oleh karena itu, Anda harus tegas jika anak Anda mulai kecanduan televisi atau komputer. 

4. Jaga Asupan Anak

Terakhir, Anda harus berperan aktif dalam menjaga asupan makanan anak. Siapkanlah bekal sehat atau makanan sehat untuk anak Anda. Perbanyak menu sayuran dan buah-buahan agar gizi untuk anak tetap terpenuhi. 

Selain faktor dari luar, obesitas bisa terjadi karena faktor genetik atau keturunan. Jika anak Anda mengalami obesitas karena faktor keturunan, jangan paksakan anak Anda untuk melakukan diet. Hal ini bisa berpengaruh kepada kesehatan si anak. Terapkanlah pola hidup sehat kepada si Anak, agar berat badannya bisa berangsur-angsur menjadi normal. 

Pewarta: Fai

Editor : Fai


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016