Panyabungan Sumut 26/2 (Antara)

Kabupaten Mandailing Natal yang persisnya berada di penghujung Sumatera Utara berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat memilki 23 Kecamatan serta 377 Desa namun beberapa Desa masih terisolir bahkan berbatasan langsung dengan beberapa Kabupaten baik di Sumatera Utara dan Sumatera Barat ujar Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan



Ahmad yang lahir di Desa Silogun Kecamatan Pakantan Kabupaten Mandailing Natal berbatasan dengan Kecamatan Rao Provinsi Sumatera Barat yang juga Putera Daerah berprofesi sebagai Petani yang sudah Puluhan Tahun.



Hal serupa juga dirasakan Torkis 45 Tahun warga Desa Lubuk Kapundung I Sulang Aling Kecamatan Muara Batang Gadis yang memiliki beberapa Hektare Sawah serta Pohon Karet dan juga Kakao merasa terkendala akibat mahalnya biaya pengangkutan yang menggunakan transportasi air.



Bilamana harga karet sendiri saat ini yang lagi anjlok sudah tidak sedikit persawahan juga tanaman Karet sudah dialih fungsikan ketanaman lain apalagi mahalnya biaya transportasi tidak lepas dari Desa Terisolir bahkan tertinggal.



Pemkab Madina bersama IOF Pengcab Madina melakukan kegiatan Off Road untuk menininjau langsung Desa terisolir dan tertinggal dalam rangka pembukaan pembangunan Infrastruktur Jalan bahkan antar Kabupaten untuk menghantar Madina sebagai pusat pengembangan regional menuju gerbang Madina yang Madani.



Juni 2015 diadakan kegiatan Jelajah Alam Pesisir Bumi Gordang Sambilan dari Desa Aek Nangali menuju Desa Terisolir Aek Nabara Kecamatan Batang Natal dalam rangka pembukaan Infrastruktur jalan demi peningkatan perekonomian serta kesejahteraan kehidupan masyarakat.



Pada 9 November Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan meninjau langsung Desa Silogun Kecamatan Pakantan yang juga merupakan salah satu Desa Terisolir yang mayoritas masyarakat berpropesi sebagai petani ujar Ahmad.



Dimana beberapa Desa Terisolir di Mandailing Natal yang telah dikunjungi langsung oleh Bupati Madina Dahlan Hasan dalam waktu dekat akan segera dilakukan pembukaan pembangunan Infrastruktur demi kesejahteraan kehidupan masyarakat.



Adapun beberapa desa yang terisolir di Kabupaten Mandailing Natal yang sudah dilakukan peninjauan langsung bahkan sudah dilakukan pembukaan pembangunan antara lain Desa Aek Mata Kecamatan Panyabungan, Desa Patialo serta Desa Batahan Kecamatan Kotanopan.



Begitu juga dengan Desa Aek Nabara Kecamatan Batang Natal bahkan masih banyak yang sudah dilakukan pembukaan pembangunan Desa Terisolir .



Meskipun belum semuanya dapat dibuka Desa Terisolir namun dalam waktu tidak lama pembangunan akan dapat terwujud sesuai kerjasama Pemkab Madina dengan Pemerintah Provinsi begitu juga dengan Pemerintah Pusat ditambah dengan dukungan seluruh Masyarakat Mandailing Natal.



Bukan hanya pembukaan Desa Terisolir pembangunan infrastruktur jalan antar Kabupaten juga segera dilaksanakan seperti dari Desa Pagur Kecamatan Panyabungan Timur kabupaten Mandailing Natal Menuju Desa Hapung Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas.



Selain Desa Pagur Kecamatan Panyabungan Timur dalam waktu Dekat Jalan Antar Kabupaten Mandailing Natal menuju Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat tepatnya di Kecamatan pakantan juga akan dibuka sesuai dengan hasil survei yang telah dilakukan.



Lintasan jalan antar Kabupaten Tapanuli Selatan dengan Kabupaten Mandailing Natal tepatnya di Kecamatan Batang Toru dengan Kecamatan Muara Batang Gadis yang saat ini sudah hampir rampung.



Seluruh masyarakat Mandailing Natal sangat mendukung agar pembukaan Desa Terisolir dan Lintasan jalan antar Kabupaten dapat terwujud secepat mungkin untuk menjadikan Madina sebagai Pusat pengembangan regional menuju gerbang Madina yang Madani.



Pemkab Mandailing Natal akan berupaya dalam APBN dan APBNP Tahun 2017 hingga Tahun 2018 pembangunan seluruh Desa Terisolir dapat terlaksana demi kesejahteraan kehidupan serta peningkatan perekonomian masyarakat.



Pewarta: Oleh Mansur Lubis

Editor : Mansur Lubis


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016