Medan, 21/2 (Antara) - Pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi mengajak investor India menanamkan modal di berbagai bidang di daerah itu sekaligus meningkatkan kerja sama yang selama ini sudah terjalin bagus.

"Hubungan kerja sama India dan Sumut khususnya dalam perdagangan sudah cukup bagus. Pemprov Sumut ingin hubungan semakin ditingkatkan khususnya dalam investasi," ujarnya di Medan, Minggu.

Dia mengatakan hal itu dalam acara pembukaan Bazar India dengan tema Flavour Of India, di kantor Konjen India, Jalan Uskup Agung, Medan.

Acara itu juga sekaligus sebagai persiapan penyambutan Konsulat Jenderal (Konjen) India yang baru untuk Medan, Hayar Hujaz.

Hadir Duta Besar India untuk Indonesia, Nengcha Lhouvun Mukhophadhaya yang didampingi Konsulat Jenderal (Konjen) India di Medan, Basir Ahmed, Konjen Malaysia, Amizal Fadzli Razali, Wakil Wali Kota Medan H Ahyar Nasution.

Erry mengaskan, India dan Indonesia memiliki banyak kesamaan. Bahkan secara geografis, Indonesia dan India juga sangat dekat.

Dari Pulau Weh di Sabang ke Pulau Andaman India, hanya berkisar 40 mil laut atau 60 km.

Hubungan diplomatik Indonesia dengan India juga sangat baik seperti TNI AL melakukan kerja sama latihan pengawasan laut dengan tentara laut India sebanyak dua kali dalam setahun.

"Investasi mungkin bisa ditingkatkan di bidang kelapa sawit mengingat India termasuk salah satu pasar utama CPO Indonesia bahkan dari Sumut," katanya.

Tahun 2015, ekspor Sumut ke india naik 16,27 persen atau 707,852 juta dolar AS.

Dubes India untuk Indonesia Nengcha Lhouvun Mukhophadhaya mengakui bahwa Indonesia dan India memiliki banyak kesamaan, baik bidang budaya, makanan dan pemikiran.

"India juga ingin meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang dengan Indonesia maupun Sumut, khususnya," katanya.

Dia menyebutkan, meski belum terlalu besar, investasi India di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016