Nias, Sumut, 11/2 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Nias fokus dalam pembangunan bidang infrastruktur, mengingat sampai saat ini masih banyak akses ke desa-desa di kabupaten itu yang belum terbangun.

Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu di Nias, Kamis, mengatakan, pembangunan infrastruktur memang harus menjadi program prioritas kedepannya dari beberapa program pembangunan lainnya yang tujuan utamanya untuk kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan catatan, sampai saat ini sedikitnya masih tersisa kurang lebih 44 desa lagi yang belum terbebas dari isolasi dan belum dapat dijangkau dengan kendaraan roda empat.

Termasuk dalam program itu adalah percepatan pembangunan akses jalan dari ibu kota kecamatan menuju ibu kota Kabupaten Nias yang baru.


"Kepada SKPD juga kami minta agar lebih memprioritaskan program pada yang lebih bersifat penyelesaian atau penuntasan masalah-masalah pembangunan yang belum seluruhnya tertangani dan terselesaikan sampai dengan tahun 2016," katanya.



Menurut Wakil Bupati, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2017 merupakan RKPD Transisi karena RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2011-2016 akan berakhir, tetapi belum terbitnya RPJMD 2016-2021.



Melalui RPKD tersebut, beberapa program yang mendesak segera dilaksanakan selain pembangunan infrastruktur, diantaranya bidang pendidikan, kesehatan, dan penanggulangan kemiskinan. ***4***



(T.KR-JRD/C/I023/I023) 11-02-2016 15:26:54

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016