Medan,  (Antara) - Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi berharap Putri Pariwisata Indonesia Dikna Faradiba ikut membantu mempromosikan pariwisata daerah itu.

"Sumut memiliki banyak destinasi yang menarik untuk dipromosikan. Tolong dibantu agar bisa semakin banyak dikunjungi wisatawan," katanya di Medan, Kamis saat menerima Putri Pariwisata Indonesia (PPI) tersebut di rumah dinasnya.

Selain sebagai tanggung jawab sebagai PPI, Dikna dinilai memiliki tanggung jawab moril untuk kemajuan pariwisata Sumut karena Putri Pariwisata adalah asal Sumut meski mewakili Papua Barat.

Didampingi Kepala Dinas Pariwisata Sumut E Marbun, Erry mengatakan, selain alam, Sumut memiliki keunggulan lain seperti wisata religi, sejarah, dan kuliner.

Erry menyebutkan, selain wisatawan mancanegara, Sumut juga berharap peningkatan besar pada wisatawan lokal dan nusantara yang potensinya cukup besar.

Adapun objek wisata alam yang sudah mendunia adalah Danau Toba, Bukit Lawang, dan Tangkahan, serta Sibolga dan Nias.

Danau Toba sendiri pengembangannya termasuk sebagai Kawasan Strategis Nasional.

Menanggapi permintaan Plt Gubernur itu, Dikna yang masih berusia 22 tahun itu berjanji akan semampunya membawa nama Sumut dalam menjalankan aktivitasnya sebagai Putri Pariwisata Indonesia.

"Sebagaimana tugas Putri Pariwisata Indonesia, saya tentunya akan mempromosikan daerah pariwisata di Indonesia termasuk Sumut," katanya.

Dikna memenangkan kontes PPI 2015 yang diselenggarakan sejak tahun 2008 kerja sama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Kontes itu bertujuan untuk mempromosikan keindahan dan keramahan Indonesia ke seluruh nusantara dan mancanegara. 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016