Medan, 12/9 (Antarasumut) - Pasca kerusakan panel operasi pompa IPA Sunggal, Jumat (11/9) malam, pendistribusian air kepada pelanggan dilakukan  dengan menggunakan genset.

Namun tidak optimal karena operasi pompa tidak seluruhnya maksimal, sehingga beberapa wilayah pelayanan distribusi airnya masih terganggu.

Hal tersebut dikatakan Kepala Divisi Public Relations PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara, Irsan Effendi Lubis, S. Sos MM kepada wartawan melalui siaran persnya, Sabtu (12/9) sore.

Kepala Divisi Public Relations PDAM Tirtanadi Sumut Irsan Effendi Lubis mengatakan pihaknya tengah mengebut perbaikan panel trafo.

“Rencananya hari ini 3 unit trafo yang rusak akan dibawa untuk perbaikan dan diganti dengan trafo sewa. Sampai Sabtu malam Minggu, Petugas PDAM Tirtanadi masih bekerja memperbaiki kerusakan tersebut,” ujar Irsan Effendi.

Disebutkan Irsan, akibat kebakaran Panel Listrik tersebut, operasional IPA Sunggal saat ini menggunakan genset sehingga sehingga beberapa wilayah mengalami gangguan air diantaranya Perumahan Srigunting, Sukamaju, Sei Mencirim, Sei Sengkol, Tanjungbalai, Komplek PLN, Kapten Muslim, Setia Luhur, Budi Luhur, Amal Luhur, Pasundan, Gatot Subroto, jalan Mesjid, Jalan Mistar, Johar Sei Deli, Putriijau, jalan Purwo dan Yos Sudarso.

“Kami sudah meminta agar Kepala Cabang Diski dan Sei Agul untuk dapat mengirimkan mobil tangki ke daerah tersebut, mengingat waktu perbaikan membutuhkan waktu lama,” ujar Irsan.

Seperti diketahui sebelumnya, Panel Listrik IPA Sungal PDAM Tirtanadi Terbakar Jumat malam (11/9) sekitar pukul 22.00 WIB.

Berawal ketika terjadi pemadaman aliran litrik di wilayah Sunggal maka untuk kontinuitas pendistribusian air kepada pelanggan, mesin Genset dihidupkan untuk menggantikan daya listrik dari PLN yang sedang padam.

Pada saat menghidupkan Genset terjadi shock di panel Sychron 3 dan 4 dan akhirnya terbakar,” jelas Irsan Effendi.

Petugas dari IPA Sunggal bekerjasama dengan Divisi Produksi dan Divisi Transmnisi/Distribusi terus melakukan perbaikan panel yang rusak. Diupayakan pekerjaan perbaikan selesai malam ini dan operasional IPA Sunggal akan normal kembali besok, Minggu (13/09), kata  Irsan Effendi Lubis.




Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015