Salak, 25/8 (Antarasumut) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pakpak Bharat melakukan pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati daerah setempat yang akan bertarung pada pilkada 9 Desember 2015.

Ketiga pasangan yang telah mendaftarkan diri dan lulus verifikasi KPU serta telah melalui tahapan pemeriksaan kesehatan, tampak tampil lengkap dengan busana khasnya masing-masing.

Dalam proses pengundian yang dilakukan dalam dua tahap, maka ditetapkan pasangan Remigo Yolando Berutu dan  Maju Ilyas Padang yang merupakan pasangan petahana mendapatkan nomor 1, berikutnya adalah pasangan Jujur Solin dan Citra Boangmanalu mendapatkan nomor 2, serta pasangan terakhir August P. Tumanggor, dan Abdul Kadir Angkat, mendapat nomor 3.

Dalam acara yang dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah, semua proses berlangsung dengan resmi tetapi jauh dari suasana tegang bahkan masing-masing pasangan tampak akrab dan saling menyapa dengan para tamu dan undangan.

Mewakili pemerintah hadir juga Sekda, Drs. Holler Sinamo, MM, beserta jajarannya. Mengingat kapasitas ruangan yang terbatas, pihak panitia membatasi jumlah masing pendukung yang dapat masuk ke dalam ruangan, termasuk awak media yang meliput kegiatan ini.

Akibatnya banyak para pendukung yang meluber di sekitar Gedung Serbaguna, namun semua berlangsung dengan tertib dan lancar.

Sekretaris KPU, M. Azmir Daulay, SH, saat dikonfirmasi ditempat terpisah menyatakan bahwa semenjak ditetapkan sebagai pasangan calon dalam proses penetapan nomor urut ini, maka hak sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati telah melekat pada ketiga pasangan. “Seperti misalnya mendapat perlindungan dan pengawalan dari pihak aparat”, jelasnya.

Daulay juga menjelaskan bahwa sekarang ini berbagai kegiatan lainnya terkait Pemilukada juga sedang berjalan seperti proses menuju penetapan pemilih menjadi Daftar Pemilih Tetap, penyediaan logistik Pemilukada, penentuan jadwal kampanye pasangan calon dan sebagainya.

"Mari kita doakan segala proses Pemilukada ini berjalan dengan aman, damai, tertib dan lancar. Dan jangan lupa untuk mencoblos nantinya pada hari Rabu, tanggal 9 Desember 2015 mulai dari pagi sampai tengah hari," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015