Medan, 30/6 (Antara) - Pemerintah Kota Medan terus bergiat menjadikan Medan sebagai Green City atau Kota Hijau, salah satu upaya yang dilakukan melalui gerakan program Bersih, Hijau, Asri, dan Sehat (Berhias).

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mengatakan, saat ini Kota Medan terus berbenah menuju kota yang modern, bersih, hijau, asri dan sehat melalui gerakan program Berhias yang muncul atas inisiatif warga yang peduli terhadap kebersihan dan hijaunya kota.

Hal ini ditandai dengan munculnya komunitas-komunitas warga yang menginginkan Kota Medan menjadi kota yang nyaman, indah, bersih, hijau dan tetap mempertahankan warisan budaya seperti peninggalan bangunan bersejarah.

"Munculnya komunitas warga seperti komunitas peduli lingkungan yang digagas salah seorang akitivis lingkungan, merupakan cerminan dari harapan warga tentang Medan yang bersih hijau asri dan indah dipandang mata, guna menjadikan kota Medan sebagai Kota Metropolitan yang modern," katanya.

Menurut dia Pemerintah Kota (Pemkot) Medan tidak pernah berhenti dalam mencapai target menjadikan Kota Medan Berhias, namun untuk menciptakan kota Berhias tanpa pelibatan masyarakat tidak akan mungkin terlaksana.

Karena itu sinergitas Pemkot Medan dengan masyarakat perlu dilakukan agar menjadikan gerakan yang membumi di Kota Medan. Hal itu diharapkan dapat mengubah pola pikir masyarakat dari gaya membuang sampah sembarangan menjadi pelaku sekaligus pelopor kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Atas dasar itulah ia menilai diperlukan kesadaran publik tentang gaya hidup yang Berhias.

Hal itu diperlukan karena masih rendahnya kesadaran publik dengan membuang sampah di sembarangan tempat.

Kesadaran Publik tentang kebersihan lingkungan juga terjadi di kalangan masyarakat kelas atas bahkan di kalangan mahasiswa maupun pegawai pemerintah.

"Jadi perlu kita giatkan gerakan-gerakan yang berorientasi kepada penyelamatan lingkungan, salah satunya dengan mendorong masyarakat sekaligus memperbanyak jumlah relawan-relawan terutama dari generasi muda. Kampus sebagai wadah berkumpulnya jutaan generasi muda berpotensi besar melahirkan pelopor-pelopor lingkungan," katanya.

Relawan Peduli Lingkungan
Untuk mewujudkan niat menjadikan Medan Kota Hijau tentunya tidak bisa dilakukan oleh pemkot sendiri, dan untuk itu peran serta masyarakat sangat dibutuhkan, sehingga dengan kerja sama yang baik tersebut akan memberi hasil yang sempurna nantinya.

Untuk itu Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, pada Jumat (27/6) lalu mengukuhkan "Relawan Peduli Lingkungan" dalam upaya mewujudkan "Medan Berhias".

Pengukuhan tersebut dinilai sangat strategis, karena selain dalam rangka Hari Lingkungan, juga dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Medan yang ke -424 , apalagi hal muncul atas inisiatif warga yang peduli terhadap kebersihan dan hijaunya kota.

"Apalagi Kota Medan baru saja kembali meraih Piala Adipura yang ketiga kalinya.Dengan perhargaan tersebut diharapkan kita semua semakin giat untuk mewujutkan Medan Hijau," katanya.

Ia mengatakan para relawan peduli lingkungan tersebut diharapkan dapat jadi pelopor pembangunan lingkungan ditengah-tengah masyarakat sehingga Kota Medan kesepannya akan semakin indah dan asri dengan banyaknya taman-taman yang tersebar di seluruh kelurahan.

Namun, lanjut dia, keasrian tersebut harus terus terjaga dan terpelihara dan tentunya peran serta relawan sangat penting untuk mengajak masyarakat agar turut serta menjaga lingkungannya masing-masing dengan berbagai upaya, baik melalui penanaman pohon maupun tidak membuang sampah sembarangan.

"Kami bersyukur banyak srikandi Kota Medan yang peduli lingkungan. Beberapa kelurahan juga terus bermunculan taman-taman mini yang tentunya akan semakin mendukung Program Medan Berhias," katanya.

Koordinator Relawan Peduli Lingkungan" Dewi Budiarti mengatakan, terbentuknya relawan tersebut murni karena perhatian dan kecintaan terhadap Kota Medan agar semakin asri ke depan.

Pihaknya sangat mengapresiasi atas perhatian yang diberikan wali kota, karena dengan demikian para relawan akan semakin bersemangat dalam menjalankan fungsinya dalam upaya mengajak masyarakat untuk peduli kepada lingkungan.

"Kami akan terus dukung upaya Pemkot Medan mewujudkan "Medan Hijau". Kalau Medan sudah asri tentunya akan membuat masyarakat menjadi nyaman dan menjadi daya tarik bagi kedatangan wisatawan," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014