Lima Puluh, 28/5 (Antara Sumut) - Pemerintah Kabupaten Batu Bara tahun 2014 meningkatkan alokasi dana yang bersumber dari APBD untuk pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan di daerah itu.

"Anggaran untuk pembangunan jalan tahun ini sebesar Rp42,071 miliar," kata Bupati Batu Bara, OK. Arya Zulkarnain di Lima Puluh, Rabu (28/5).

Bupati mengemukakan hal itu dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekdakab Bau Bara, Tengku Erwin pada apel Hari Senin di halaman kantor bupati setempat.

Selain dari APBD, pihaknya juga tahun 2014 memperoleh dukungan anggaran pembangunan dan rehabilitasi jalan umum yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp6,002 miliar.

"DAK untuk pembangunan jalan tahun ini meningkat dibanding tahun 2013 sebesar Rp5,359 miliar," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Batu Bara juga menyebutkan tentang pengerjaan pembangunan jalan lingkar dan ruas jalan negara dari Kelurahan Lima Puluh menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei yang kini sudah mulai dikerjakan.

Jalan sepanjang 52,3 tersebut didanai melalui proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

"Keberadaan jalan tersebut diyakini akan ukut berperan meningkatkan perekonomian di kabupaten Batu Bara," kata Arya Zulkarnain.

Selain pembangunan jalan, Pemkab Batu Bara tahun 2014 juga meningkatkan anggaran sarana irigasi pengairan menjadi Rp1,734 miliar.

"Pembangunan jalan dan sarana pengairan dijadwalkan mulai direalisasikan pada Juni tahun ini," tambahnya. (TNA)

Pewarta: T. Nico Adrian

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014