Binjai, Sumut, 18/5 (Antara) - Pemerintah kota Binjai Sumatera Utara, akan membangun pasar tradisionil modern dan kuliner untuk peningkatan ekonomi masyarakat sekaligus melakukan penataan agar pedagang kecil tidak berjualan di sembarang tempat.

"Kita akan melakukan penataan pasar sehingga pedagang akan semakin nyaman berjualan," kata Wali Kota Binjai Muhammad Idaham di Binjai, Jumat (17/5).

Penegasan itu disampaikannya dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kota Binjai ke-141 yang dipusatkan di bekas gedung olahraga disamping kediaman dinas walikota.

Pasar yang akan dibangun atau diperbaharui tersebut seperti pasar Rambung, Tavip dan Kebun Lada.

Sedangkan tempat kuliner (jajanan) nantinya akan dipusatkan di bekas gedung olahraga yang sudah dibenahi sekarang ini.

"Ada sekitar 50 kios kuliner yang sudah dipersiapkan di tempat tersebut, yang bersebelahan dengan sungai Bingei," katanya.

Nantinya pasar tradisionil tersebut akan berdiri secara modern sehingga pedagang dan pembeli akan nyaman berlama-lama dipasar tersebut, karena kondisinya diharuskan sangat bersih.

Selain itu kata Idaham, berbagai sarana dan prasarana infrastruktur lainnya seperti jalan, jembatan akan menjadi perhatian serius untuk ditingkatkan dan diperbaiki.

Tidak hanya itu saja, dibidang kesehatan juga menjadi perhatian serius buktinya Rumah Sakit Umum Djoelham Binjai kini sudah mjenjadi type B, dan itu sangat membanggakan.

"Kita akan jadikan kota dengan lima kecamatan ini menjadi dinamis dan terus berkembang dari waktu ke waktu," ucap Idaham.

Apalagi kota Binjai merupakan kota peyangga antara Medan dan Langkat, jadi sangat mungkin harus kita kembangkan menjadi kota jasa, kota pendidikan, yang keseluruhan sarana dan prasarananya harus kita lengkapi," ujarnya.
Disampaikanya yang tidak kalah pentingnya untuk menjadi perhatian bersama yaitu kerukunan antar ummat beragama, agar kota ini tetap kondusif, aman, dan damai.

Salah seorang warga Binjai, Amran Matondang yang ditemui menjelaskan selama kepemimpinan Wali Kota Muhammad Idaham, kota Binjai semakin berkembang pesat dan maju.

"Kota ini sangat tertata rapi, dan berbagai sarana lainya juga sudah dilengkapi, termasuk tempat bermain anak-anak, maupun tempat pusat jajanan sudah dibuat untuk memanjakan warga kota," katanya.

Mudah-mudahan terobosan lainnya juga akan dilakukan Wali Kota Binjai, sehingga kehidupan perekonomian masyarakat akan semakin bergairah.(KR-IFZ)

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013