Sabtu, 23 September 2017

Mantap! Satu Ekor Hama Tikus Dihargai Rp500

| 183 Views
id Mantap!Satu Ekor Hama Tikus Dihargai Rp.500
Mantap! Satu Ekor Hama Tikus Dihargai Rp500
Berburu Hama Tikus (antarasumut/kodir)
Kiranya secara kontiniu aksi perburuan tikus didaerah itu dapat diikuti seluruh masyarakat di 36 desa kelurahan se-Kecamatan Batang Angkola
Tapanuli Selatan,11/9(Antarasumut)-Partisipasi masyarakat untuk menghabisi hama tikus khususnya di wilayah Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan cukup tinggi, sampai sampai  per ekor dihargai Rp.500.

Kordinator Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman- Petugas Hama Penyakit (POPT-PHP) Kecamatan Batang Angkola, Khoiruddin Marpaung, meyampaikan itu kepada Antara, di Tapanuli Selatan, Selasa.

Dengan 'rangsangan' Rp.500/ekor mendorong masyarakat utamanya masyarakat Desa Huta Holbung  semakin giat berburu hama tikus di daerah itu.

"Uang untuk membayar hama tikus itu terkumpul dari masyarakat plus donatur H.Yusuf Amiril Soleh Nasution dan Kades Huta Holbung Anton Putra Bungsu yang merasa peduli nasib masyarakat petaninya,"sebutnya.

Didampingi Penyuluh Pertanian Lapangan Huta Holbung, Lamsani Hasibuan, Khoiruddin, mengatakan, sudah ada sebanyak 2256 ekor hama tikus hasil buruan masyarakat Huta Holbung yang dibayar.

"Masyarakat Huta Holbung sudah ada empat kali melakukan perburuan, dan perburuan dilaksanakan setiap hari Minggu,"kata Lamsani menimpali.

Sementara hasil perburuan di Desa Pintu Padang Jumat dan Sabtu (8-9/9) masyarakat berhasil membasmi hama tikus berjumlah 1566 ekor.

"Meski tidak dihargai, namun masyarakat Pintu Padang, Batang Angkola juga giat melakukan pembasmian hama tikus itu,"sebut Khoiruddin.

Demikian halnya perburuan tikus di Desa Muara Tais III, Desa Sitampa Simatoras, Kelurahan Sigalangan, Desa Sigulang Losung, Desa Tahalak, Jumat-Minggu (8-10/9) berhasil membasmi hama tikus berjumlah 1566 ekor.

"Kiranya secara kontiniu aksi perburuan tikus didaerah itu dapat diikuti seluruh masyarakat di 36 desa kelurahan se-Kecamatan Batang Angkola,"harapnya.

Sebelumnya pada perburuan Agustus 2017 lalu tercatat 6571 ekor jumlah hama tikus yang berhasil dibasmi di Kecamatan Batang Angkola.

Dalam perburuan hama tikus itu masyarakat (mulai anak-anak, pemuda kaum ibu dan bapak) selalu bersama unsur TNI (Babinsa) dan petugas dari pertanian daerah itu  (PPL).  

Kordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Huta Holbung, Erwin Nasution dan Penyuluh Swadaya Batang Angkola, Zainuddin Lubis saat ini giat melakukan safari penyuluhan dalam rangka peringatan dini akan dampak serangan hama tikus di daerah itu.  

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017